Kisah Gleen Viktor Obati Asma Bronkitis dengan Olahraga Renang

Kisah Gleen Viktor Obati Asma Bronkitis dengan Olahraga Renang

Terkini | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 20:58
share

ATLET renang sekaligus Winner The New L-men Of The Year, Gleen Viktor menganggap penyakit asma bronkitis bukanlah halangan untuk tetap berolahraga. Justru, dia menemukan bahwa renang menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah asmanya.

Meskipun renang sering dianggap sebagai olahraga yang sulit bagi penderita asma, Gleen justru berhasil menggunakan olahraga ini sebagai terapi untuk menjaga kesehatannya.

"Gini, kebetulan mama aku itu dokter, dan dia yang menyarankan aku untuk berenang," tutur Gleen.

Dalam wawancara eksklusif dengan Okezone, Kamis 19 September 2024, awalnya banyak yang merasa aneh karena asma biasanya membatasi kemampuan seseorang untuk melakukan olahraga yang membutuhkan kontrol pernapasan yang intens seperti renang.

Namun, setelah mendengar penjelasan dari ibunya, Gleen mengerti dan menjelaskan bagaimana berenang menjadi solusi bagi asma yang dideritanya.

"Pas pertama kali dijelasin, ternyata ada otot-otot di paru-paru bagian atas yang kalau kita berenang, terutama dengan gaya dada, otot itu dipaksa untuk bekerja. Renang memaksa otot-otot paru yang biasanya tertutup untuk membuka, sehingga membantu mengurangi gejala asma," tuturnya.

Renang dengan tempo stabil tapi lama menjadi cara bagi Gleen untuk menjaga paru-parunya tetap sehat. Dengan latihan pernapasan yang konsisten dan terkontrol di air, Gleen mampu mengelola asmanya dengan lebih baik. Kini, olahraga yang semula dianggap berisiko justru menjadi terapi efektif yang membantunya menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih bebas.

Topik Menarik