Cegah Obesitas pada Anak, Orangtua Harus Aktif Ajak Anak Bergerak

Cegah Obesitas pada Anak, Orangtua Harus Aktif Ajak Anak Bergerak

Terkini | okezone | Jum'at, 20 September 2024 - 20:36
share

Obesitas adalah kondisi berat badan melebihi batas normal karena adanya penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Obesitas terjadi karena asupan kalori lebih banyak dibandingkan jumlah kalori yang dibakar, sehingga tubuh akan menyimpan kalori yang tidak digunakan dalam bentuk lemak.

Obesitas sendiri tidak hanya dialami oleh orang dewasa, banyak juga anak-anak yang mengidap penyakit tersebut.

Menurut data dari SGSI 2022, obesitas pada anak-anak usia 5-12 tahun, sebanyak 10,8 gemuk dan 9,2 obesitas, dimana artinya 1 dari 5 anak adalah gemuk atau obesitas. Salah satu faktor utamanya akibat kurang aktivitas fisik yang tentu tidak baik bagi kesehatan, baik fisik maupun mental.

Apalagi dengan berkembangnya teknologi, anak-anak lebih memilih bermain gawai dibanding melakukan aktivitas di luar rumah. Untuk itu, orang tua perlu mengajak anak untuk aktif bergerak dengan berolahraga.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), seorang anak membutuhkan sekitar 60 menit berolahraga fisik setiap harinya. Total 60 menit ini tidak harus didapatkan dalam satu waktu yang sama, tetapi dapat dijumlahkan dalam sehari menjadi 60 menit.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), olahraga yang dianjurkan antara lain jogging, olahraga aerobik, berlari, naik sepeda cepat, berjalan menanjak, dan bela diri. Olahraga jenis ini termasuk dalam vigorous-intensity activity, yang menggunakan energi lebih dari 7 kcal per menit.

Sementara itu, contoh dari olahraga moderate-intensity antara lain berjalan hingga berjalan cepat, senam, dan naik sepeda santai. Biasanya jenis olahraga ini menggunakan energi sekitar 3,5-7 kcal per menit.

Sayangnya hingga saat ini masih ditemukan banyak anak-anak yang kurang melakukan kegiatan fisik. Bahkan menurut data survei KPAI, sebanyak 76,8 anak lebih memilih bermain gawai. Sebanyak 25,4 anak-anak menggunakan gawai lebih dari lima jam per hari.

Topik Menarik