Survei LSI Denny JA Sebut Muncul Fenomena Baru jelang Pilkada Luwu Timur 2024

Survei LSI Denny JA Sebut Muncul Fenomena Baru jelang Pilkada Luwu Timur 2024

Terkini | inews | Jum'at, 20 September 2024 - 21:25
share

MAKASSAR, iNews.id Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengungkapkan fenomena baru jelang Pilkada Luwu Timur 2024. Dalam survei yang dilakukan awal September 2024, kandidat penantang mengungguli calon bupati petahana.

Peneliti LSI Denny JA, Fajar Moestar mengungkapkan, tingkat elektabilitas di dua bulan tersisa, pasangan Ibas-Puspa unggul dengan 44,9 persen, disusul calon petahana Budiman-Akbar 39,2 persen.

Sedangkan elektabilitas Isrullah Achmad-Usman Sadik terpaut jauh yakni hanya 3 persen. Sementara responden menjawab tidak tahu atau merahasiakan pilihannya sebanyak 12,9 persen.

"Dua bulan tersisa, dinamika elektabilitas masih bisa berubah. Perubahan dukungan sangat tergantung bagaimana kandidat memanfaatkan waktu yang tersisa," katanya, Jumat (30/9/2024).

Dia mengatakan, survei tersebut dilakukan pada bulan September 2024 dengan bertatap muka (face to face interview) menggunakan kuesioner kepada 440 responden di seluruh kecamatan di Kabupaten LuwuTimur.

Survei itu juga melibatkan 440 responden, margin of error survei ini sebesar 4,8 persen. Survei dilakukan pada tanggal 2 -10 September 2024.

"Selain masalah redupnya petahana, survei terakhir kami menemukan bahwa pesona penantang yang terus meningkat yaitu Irwan-Puspa yang disukai hampir di semua segmen pemilih di Luwu Timur," ungkapnya.

Meski demikian, kata Fajar, publik menilai Budiman memiliki nilai elektoral cukup tinggi, angkanya capai 27,5 persen. Sementara belum tidak menentukan sikap hanya 21,5 persen.

Selain itu, Budiman merupakan petahana dan dikenal luas oleh masyarakat Luwu Timur. Sehingga wajar jika pengenalan tinggi namun katanya, tidak serta merta dikenal lalu disukai dan dipilih.

"Pengenalan Budiman tinggi, yaitu 98,5 persen, wajar karena dia adalah bupati, namun kesukaannya 85,2 persen," ujarnya.

Topik Menarik