Kenapa Bagian Bawah Kereta Api Berwarna Merah? Simak Jawaban KAI

Kenapa Bagian Bawah Kereta Api Berwarna Merah? Simak Jawaban KAI

Terkini | inews | Selasa, 24 September 2024 - 18:11
share

JAKARTA, iNews.id - Kenapa bagian bawah kereta api berwarna merah? Sejumlah warga net mempertanyakan hal tersebut setelah melihat kejadian kecelakaan kereta di Kampung Daringo, Desa Pangulah Selatan, Kota Baru, Kabupaten Karawang pada Minggu (22/9/2024) pukul 07.00 WIB.

Diketahui empat orang tewas dalam kejadian tersebut akibat bermain di dekat rel kereta. Video kejadian tersebut pun tersebar di dunia maya. Netizen salah fokus melihat salah satu korban yang tersangkut di depan lokomotif kereta yang berwarna merah. 

Humas KAI DAOP 1 Jakarta Ixfan H pun menjelaskan alasan kenapa bagian bawah kereta api berwarna merah?

Kenapa bagian bawah kereta api berwarna merah?

Ixfan mengatakan, warna merah pada bemper lokomotif memiliki beberapa alasan, terutama terkait dengan faktor keselamatan:

1. Penglihatan yang jelas

Merah adalah warna yang mudah dikenali dari kejauhan dan memberikan kontras tinggi terhadap lingkungan sekitar, terutama di kondisi gelap atau saat cuaca buruk. 

“Ini membantu orang lain, seperti pejalan kaki atau pengemudi kendaraan, untuk segera melihat lokomotif yang mendekat,” kata Ixfan kepada iNews.id, Selasa (24/9/2024).

2. Simbol peringatan

Secara universal, warna merah sering dikaitkan dengan peringatan atau bahaya. 

Dengan bemper lokomotif berwarna merah, ini memberikan sinyal visual bahwa ada kendaraan besar dan berat yang mendekat, dan orang-orang harus berhati-hati.

3. Standar keselamatan

Di banyak negara, warna merah pada bagian depan kendaraan atau mesin, terutama di sektor transportasi, sudah menjadi standar yang diatur untuk mematuhi peraturan keselamatan. 

“Lokomotif di banyak perusahaan kereta api menggunakan merah sebagai bagian dari sistem identifikasi dan perlindungan,” tambahnya.

Penggunaan warna ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan visibilitas dan mencegah kecelakaan di jalur kereta api.

Nah, itulah penjelasan dari pertanyaan kenapa bagian bawah kereta api berwarna merah? Semoga bermanfaat.

Topik Menarik