Jokowi Resmikan Bendungan Lausimeme, Bisa Kurangi Banjir di Medan dan Deliserdang

Jokowi Resmikan Bendungan Lausimeme, Bisa Kurangi Banjir di Medan dan Deliserdang

Terkini | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 10:51
share

DELISERDANG, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Lausimeme di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024). Bendungan ini menjadi bendungan ke-47 yang diresmikan Presiden Jokowi selama sepuluh tahun masa pemerintahannya.

Jokowi mengungkapkan, Bendungan Lausimeme memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Salah satunya mengurangi banjir.

“Bendungan ini akan bisa mengurangi, bisa mereduksi banjir di Kota Medan, di Kabupaten Deliserdang," kata Jokowi.

Bendungan juga bisa menyediakan air baku yang bisa diolah untuk berbagai keperluan. Selain itu, air bisa dipakai untuk mengairi persawahan yang ada di sekitar waduk.

Presiden mengungkapkan, proyek pembangunan ini dimulai sejak 2018. Proyek menghabiskan anggaran Rp1,76 triliun. 

Bendungan dengan luas genangan mencapai 125 hektare tersebut memiliki kapasitas tampung 21 juta meter kubik air.

Jokowi berharap, dengan beroperasinya Bendungan Lausimeme, manfaatnya akan segera dirasakan oleh masyarakat Sumatera Utara secara luas. 

Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi turut didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni, Pj Bupati Deliserdang Wiriya Alrahman, Dirjen SDA Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogya, Direktur Utama PT Wijaya Karya Agung Budi Wakito dan Direktur Operasional PT PP Yul Ari Pramuraharjo.

Topik Menarik