Jika Permintaan Bahrain Tolak Main di Indonesia Dikabulkan AFC, ada 5 Negara Gantikan Kandang Garuda

Jika Permintaan Bahrain Tolak Main di Indonesia Dikabulkan AFC, ada 5 Negara Gantikan Kandang Garuda

Olahraga | tuban.inews.id | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 14:20
share

JAKARTA, iNewsTuban.id – Setidaknya ada 5 negara alternatif yang bisa dijadikan kandang Timnas Indonesia jika AFC mengabulkan permintaan Bahrain yang menolak main di Indonesia.

 

Diketahui, Federasi Sepakbola Bahrain (BFA) meminta kepada AFC agar laga Timnas Indonesia vs Bahrain di matchday kedelapan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Selasa, 25 Maret 2025 digelar di tempat netral atau di luar Indonesia.

 

Alasan permohonan BFA ini karena mereka khawatir dengan keselamatan para pemain Timnas Bahrain yang sempat mendapat “serangan” dari netizen Indonesia. 

 

“Federasi akan meminta kepada AFC untuk memindahkan laga itu dari Indonesia guna menjamin keamanan personel Timnas Bahrain yang merupakan prioritas utama,” tulis pernyataan resmi Bahrain.

 

PSSI pun langsung merespons. Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga menegaskan PSSI akan mengirim surat ke AFC, meminta agar laga Timnas Indonesia vs Bahrain tetap digelar di Tanah Air.

 

"Kami akan berkirim surat ke AFC untuk menyatakan pertandingan supaya fair tetap di Jakarta. Sebab, sebelumnya pertandingan digelar di Bahrain," kata Arya Sinulingga dalam keterangan yang diterima. Rabu (16/10/2024).

 

"Kami juga akan menjamin keamanan dan kenyamanan bagi tamu kita seperti bahrain. Bangsa kita ini bangsa yang ramah ke tamu. Kami pasti memberikan kenyamanan kepada mereka," ujarnya.

 

Namun jika AFC mengabulkan permintaan Bahrain, apa respons PSSI? Jika PSSI nantinya legowo, ada beberapa negara yang dapat dijadikan alternatif kandang Timnas Indonesia. Negara-negara ini bisa dipilih karena memiliki diaspora atau orang Indonesia di luar negeri paling banyak. Negara mana saja?

 

Berikut 5 negara alternatif kandang Timnas Indonesia jika AFC mengabulkan permintaan Bahrain yang menolak main di Indonesia, berdasarkan data Kemenlu:

 

1. Malaysia (1.330.303)
Malaysia jadi yang paling banyak.Tak tanggung-tanggung, WNI yang tinggal di Malaysia mencapai 1.330.303 jiwa!
Semisal PSSI meminjam Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 87.500 penonton kapasitas stadion dapat dipenuhi WNI di Malaysia! 

 

2. Arab Saudi (665.552)
Jumah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi sangatlah banyak. Tak heran, ada 665.552 jiwa WNI yang tinggal di Arab Saudi. Namun, seperti China, Arab Saudi merupakan rival Timnas Indonesia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

 

3 China (317.629)
Cukup riskan jika memilih China sebagai kandang Timnas Indonesia. Sebab, meski ada 317.629 WNI di sana, China merupakan salah satu rival Timnas Indonesia di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

 

4. Australia (131.053)
Jarak antara Bali dengan Kota Perth, Australia, dapat ditempuh selama dua jam penerbangan. Diaspora Indonesia juga cukup banyak di Australia, yang mana mencapai 131.053 jiwa.

 

5. Singapura (112.785)
Dari segi jarak, Indonesia dan Singapura sangatlah dekat. Selain itu, di Singapura juga ada 112.785 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tenaganya dapat diandalkan mendukung perjuangan Timnas Indonesia.

 

Satu yang pasti, harapannya AFC tidak mengabulkan permintaan tak masuk akal dari Bahrain sehingga Timnas Indonesia bisa bermain di kandang sendiri saat menjamu Bahrain.

Topik Menarik