Tokoh Jabar Bangga Cucun Ahmad Syamsurijal Jabat Pimpinan DPR RI

Tokoh Jabar Bangga Cucun Ahmad Syamsurijal Jabat Pimpinan DPR RI

Terkini | bandungraya.inews.id | Kamis, 3 Oktober 2024 - 13:20
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Para tokoh Jawa Barat menyuarakan kebanggaannya atas ditetapkannya putra daerah asal Jabar, Cucun Ahmad Syamsurijal sebagai pimpinan DPR RI periode 2024-2029.

Salah satu tokoh yang bersuara adalah Nu'man Abdul Hakim, mantan Wakil Gubernur Jabar. Menurutnya, Cucun yang merupakan pituin urang Kabupaten Bandung sangat layak menduduki kursi Wakil Ketua DPR RI. 

Nu'man menilai Cucun yang sebelumnya menjabat Ketua Fraksi PKB DPR RI merupakan figur yang pas untuk menduduki kursi pimpinan DPR menggantikan Gus Muhaimin Iskandar. Cucun dinilai memiliki kemampuan, kompetensi dan kapasitas mumpuni untuk memimpin lembaga DPR RI. 

"Pertama saya mengucapkan selamat untuk beliau mendapat kepercayaan menduduki jabatan top di DPR RI. Mudah-mudahan selama 5 tahun ke depan Kang Cucun dapat menjaga amanah dan bisa meninggalkan legacy yang baik untuk rakyat," kata Nu'man di Bandung, Kamis (3/10/2024). 

Sebagai orang Sunda dan warga Jabar, Nu'man mengaku sangat bangga ada orang Jabar yang berhasil menduduki kursi pimpinan DPR RI. Sebab dalam sejarah, lanjut Nu'man, sulit sekali orang Jabar menduduki posisi puncak di Senayan. 

 

"Sebagai masyarakat Jawa Barat, saya bangga Kang Cucun dapat kepercayaan besar duduk di kursi pimpinan DPR RI. Sekarang Kang Cucun bukan hanya mewakili PKB, tapi beliau mewakili masyarakat Jawa Barat," ungkap mantan politisi PPP Jabar itu. 

Menurutnya, warga Jabar  pun patut berbangga dengan munculnya urang Sunda dan Jabar sebagai pimpinan DPR RI. Ia optimistis Cucun akan memberikan kebermanfaatan besar, bukan hanya untuk daerah pemilihnya, namun juga untuk masyarakat Jabar. 

"Adalah kebanggaan bagi Jawa Barat karena Kang Cucun adalah putra daerah dan urang Sunda yang telah membuktikan kualitas dan dedikasinya untuk bangsa. Terpilihnya beliau sebagai pimpinan DPR RI, saya yakin akan membawa kemajuan bagi Jawa Barat dan bangsa Indonesia," ujar Nu'man. 

Nu'man yang juga pernah duduk di Senayan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PKB, Gus Muhaimin Iskandar yang telah memberikan kepercayaan besar kepada Cucun Ahmad Syamsurijal untuk menduduki kursi pimpinan parlemen. 

Ketenangan, prestasi, jam terbang politik, loyalitas dan pembawaan Kang Cucun yang berwibawa dan sederhana, disebut Nu'man merupakan variabel-variabel yang membuat Gus Muhaimin akhirnya memilih Cucun untuk menggantikannya di kursi pimpinan DPR. 

 

"Ini sejarah besar, karena ada orang Kabupaten Bandung yang menduduki jabatan pimpinan di DPR RI. Sangat wajar Jawa Barat memiliki pimpinan DPR karena penduduk kita yang terbesar di Indonesia," ujar Nu'man. 

"Sebenarnya Kang Cucun tidak hanya layak jadi pimpinan DPR, jadi Menteri pun beliau sangat layak. Apalagi selama ini Kang Cucun juga menunjukkan prestasi luar biasa," lanjutnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Guru Besar Unpad Bandung, Widya Setiabudi Sumadinata. Ia menyebut suatu kebanggaan bagi warga Jabar, khususnya orang Sunda, ada tokoh yang memiliki posisi strategis di parlemen. 

"Namun yang lebih penting adalah, dengan posisi ini Kang Cucun memiliki peluang yang sangat besar untuk berbuat sesuatu yang dapat mendorong warga Jawa Barat menjadi lebih berprestasi, kompeten sehingga menjadi lebih sejahtera," ujarnya.

Dengan posisi yang kuat di parlemen, kata Dekan Fisip Unpad ini, diharapkan Kang Cucun Ahmad Syamsurijal dapat mendorong lahirnya produk hukum dan perundang-undangan yang mendorong tercapainya berbagai cita-cita di atas.

"Kepada warga Jawa Barat, mari kita dukung, support Kang Haji Cucun agar beliau sukses mengemban amanahnya. Selamat buat Kang H Cucun," tandasnya.

Topik Menarik