10 Negara Paling Damai untuk Ditinggali, Nomor 5 Tetangga Indonesia

10 Negara Paling Damai untuk Ditinggali, Nomor 5 Tetangga Indonesia

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 07:00
share

Setidaknya ada 10 negara paling damai untuk ditinggali di dunia yang cocok untuk mereka yang pensiunan. Islandia menempati posisi pertama dalam daftar ini karena berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang stabil dan nyaman.

Di mana warga Islandia dan negara paling damai untuk ditinggali lainnya dapat berkembang dan tumbuh tanpa hidup dalam ketakutan akan kejahatan, terorisme, dan bahaya lainnya. Daftar ini disusun berdasarkan indeks perdamaian global (GPI) oleh Institute for Economics and Peace (IEP).

Terdapat 23 indikator untuk menilai keamanan, konflik, dan militerisasi di berbagai negara. Indikator-indikator ini mencakup faktor-faktor seperti tingkat kejahatan, stabilitas politik, dan pengeluaran militer untuk memberikan analisis terperinci mengenai tingkat perdamaian di seluruh dunia.

Berikut adalah 10 negara paling damai untuk ditinggali di dunia dilansir dari Stars Insider, Sabtu (27/7/2024).

10 Negara Paling Damai untuk Ditinggali

Baca Juga: 10 Negara Paling Tidak Sehat di Dunia, Warga Bulgaria Lebih Sering Merokok Ketimbang Makan Buah

1. Islandia

 

Foto/Stars Insider

Islandia menduduki puncak daftar ini dengan skor GPI yang luar biasa yakni sebesar 1,124. Negara kepulauan Atlantik Utara ini menetapkan standar untuk keamanan dan ketenangan, menjadikannya negara teraman di Bumi.

2. Irlandia

 

Foto/Stars Insider

Irlandia menempati posisi kedua dengan skor GPI 1,303. Negara kepulauan yang memesona ini tidak hanya menawarkan pemandangan hijau yang subur, negara ini juga menyediakan surga yang damai bagi penduduk dan pengunjungnya.

3. Austria

 

Foto/Stars Insider

Austria menempati posisi ketiga dengan skor GPI 1,313. Negara yang indah di Eropa Tengah ini terkenal karena pemandangannya yang tenang dan, yang terpenting, komitmennya terhadap perdamaian.

4. Selandia Baru

 

Foto/Stars Insider

Selandia Baru berada di posisi keempat dengan skor GPI sebesar 1,323. Dikenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan dan keramahannya, tidak mengherankan jika Selandia Baru berada di antara negara-negara teraman di dunia.

5. Singapura

 

Foto/Stars Insider

Singapura menempati posisi kelima dengan skor GPI 1,339. Negara Asia yang menakjubkan ini secara konsisten berada di antara 10 negara paling damai, dengan tingkat kejahatan, risiko, dan ketidakstabilan yang rendah.

Baca Juga: 7 Negara dengan Tingkat Kesuburan Tertinggi di Dunia, Seluruhnya dari Afrika

6. Swiss

 

Foto/Stars Insider

Swiss, negara pegunungan di Eropa Tengah, menempati posisi keenam dengan skor GPI 1,339. Negara ini tidak hanya unggul dalam hal keselamatan, tetapi juga memiliki lingkungan yang mendukung bisnis.

7. Portugal

 

Foto/Stars Insider

Portugal, yang terletak di Eropa Selatan, menempati posisi ketujuh dengan skor GPI 1,35. Negara ini diakui sebagai salah satu negara teraman di dunia, yang menegaskan komitmennya untuk menjaga lingkungan yang aman.

8. Denmark

 

Foto/Stars Insider

Denmark turun dari posisi kedua ke posisi kedelapan pada grafik tahun ini, dengan skor GPI sebesar 1,382. Permata Skandinavia ini tidak hanya terkenal karena pesonanya yang tak lekang oleh waktu, tetapi juga karena komitmennya yang teguh terhadap keselamatan dan keamanan.

9. Slovenia

 

Foto/Stars Insider

Slovenia, negara Eropa Tengah yang terkenal akan keindahan alamnya, menempati posisi kesembilan dengan skor GPI 1,395. Negara ini memiliki persepsi keselamatan yang tinggi di antara penduduknya, yang melaporkan merasa aman berjalan sendirian di malam hari.

10. Malaysia

 

Foto/Stars Insider

Malaysia, yang membentang di dua wilayah di Laut China Selatan, naik ke peringkat 10 pada grafik dengan skor GPI sebesar 1,427. Tingkat konflik domestik dan internasional yang lebih rendah menjadikannya tempat berlindung yang aman di Asia Tenggara.

Baca Juga: 3 Negara dengan Penderita Diabetes Terbanyak di Dunia, China Posisi Pertama

Topik Menarik