Mutasi TNI, Mayjen Rudi Puruwito Jenderal Kostrad Ditunjuk Jadi Pangdam Cenderawasih

Mutasi TNI, Mayjen Rudi Puruwito Jenderal Kostrad Ditunjuk Jadi Pangdam Cenderawasih

Berita Utama | inews | Sabtu, 27 Juli 2024 - 15:00
share

JAKARTA, iNews.id - Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad Mayjen Rudi Puruwito ditunjuk menjadi Pangdam XVII Cenderawasih. Dia akan menggantikan Mayjen Izak Pangemanan yang dimutasi menjadi Wadan Kodiklat TNI.

Mutasi dan promosi jabatan ini berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tertanggal 24 Juli 2024. Dalam mutasi ini, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto merotasi 256 Perwira Tinggi (Pati) TNI.

Dengan mutasi TNI terbaru ini, maka Kodam Cenderawasih yang membawahi kewilayahan meliputi Provinsi Papua Tengah, Papua, Papua Pegunungan dan Papua Selatan akan dipimpin jenderal dari Kostrad. Selama ini, jabatan Pangdam Cenderasih memang menjadi langganan bagi jenderal Kopassus.

Rudi, merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1994 yang ini berasal dari kecabangan Infanteri (Kostrad). Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini yakni Waaspers KSAD Bidang Binpers.

Kariernya di militer melesat begitu cepat. Pada 2023 dia masih berpangat kolonel atau perwira menengah dengan menjabat sebagai Danrem 101/Antasari. Selanjutnya di tahun yang sama Rudi pecah bintang dengan menjabat sebagai Waaspers Kasad Bidang Binpers.

Masih pada 2023, dia kembali mendapat promosi jabatan menjadi Pangdivif 1/Kostrad atau jenderal bintang dua. Dan kini teranyar Rudi mendapat penugasan sebagai Pangdam Cenderawasih.

Topik Menarik