Profil Ni Luh Puspa, Presenter TV yang Jadi Wakil Menteri Pariwisata

Profil Ni Luh Puspa, Presenter TV yang Jadi Wakil Menteri Pariwisata

Berita Utama | okezone | Senin, 21 Oktober 2024 - 07:50
share

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto, resmi mengumumkan susunan kabinetnya pada Minggu (20/10/2024). Beragam tokoh dari berbagai latar belakang, termasuk politisi dan selebriti, tampak hadir di Istana Negara untuk menerima posisi dalam pemerintahan baru. 

Salah satu nama yang menarik perhatian adalah Ni Luh Puspa, seorang presenter televisi yang ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata.

Ni Luh Puspa lahir di Buleleng, Bali, pada tahun 1986. Meski lahir di Pulau Dewata, masa kecilnya tidak sepenuhnya dihabiskan di Bali. Ketika usianya baru tiga bulan, keluarganya pindah ke Mamuju, Sulawesi, untuk merantau. 

Ni Luh Puspa
Ni Luh Puspa

 

Meski begitu, Ni Luh kemudian kembali ke Bali dan dibesarkan oleh kakek-neneknya di Buleleng, sementara orangtuanya tetap tinggal di Sulawesi.

Ni Luh berasal dari keluarga yang sederhana, namun hal ini tidak menyurutkan semangatnya untuk mengejar pendidikan dan berkarier di dunia jurnalistik. Pada tahun 2010, Ni Luh memulai kariernya sebagai penyiar radio lokal di Makassar selama masa magang. 

Dua tahun kemudian, ia bergabung dengan sebuah stasiun televisi lokal di Makassar dan mulai meniti karier di dunia penyiaran.

Dengan bakatnya dalam berbicara dan kemampuannya yang profesional, Ni Luh Puspa semakin dikenal di dunia jurnalistik. Pada tahun 2015, ia pindah ke Jakarta dan berhasil meraih posisi sebagai presenter berita yang semakin melambungkan namanya sebagai pembawa berita kondang di Indonesia.

Karier Ni Luh Puspa yang cemerlang di dunia jurnalistik menarik perhatian Prabowo Subianto, yang kemudian memanggilnya ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta, bersama kandidat lain untuk mengisi jajaran kabinet. 

Setelah pelantikan Prabowo sebagai Presiden, Ni Luh resmi ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pariwisata.

 

Pengalaman Ni Luh Puspa sebagai jurnalis, ditambah dengan latar belakang pendidikannya, membuatnya dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Wakil Menteri Pariwisata di bawah pemerintahan Prabowo-Gibran. P

eran barunya ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar dalam memajukan sektor pariwisata Indonesia.

 

Topik Menarik