Pilwali Makassar 2024, Lembaga Survei Sebut PKS Selalu Spesial

Pilwali Makassar 2024, Lembaga Survei Sebut PKS Selalu Spesial

Terkini | celebes.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 12:20
share

MAKASSAR, iNewsCelebes.id - Founder Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar nomor urut empat, Amri Arsyid-Abdul Rahman Bando, punya modal bagus untuk bertarung pada Pilwali Makassar karena diusul oleh PKS yang punya kader militan. 

Hal itu disampaikan Burhanuddin saat merilis hasil temuan survei peta elektoral terkini pada pemilihan Wali Kota Makassar 2024, Sabtu (12/10/24). 

Burhanudin menyebut, kecenderungan pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk datang ke TPS lebih tinggi dibanding partai-partai lain. PKS dinilai punya kemampuan mobilisasi lebih kuat dan pemilihnya punya militansi. 

"Biasanya calon yang didukung PKS itu punya kemampuan mobilisasi lebih kuat dan pemilihnya cenderung punya militansi. Bukan sekedar punya intensi memilih tetapi datang ke TPS," katanya. 

Hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia menunjukkan popularitas pasangan Amri-Rahman melejit dan diprediksi akan terus meningkat seiring mendekati waktu pencoblosan. 

Menurut Burhanuddin, semuanya masih sangat mungkin untuk berubah, termasuk hasil survei yang baru dirilisnya. Pasangan calon yang bisa memanfaatkan waktu tersisa dengan baik dan efektif, bisa unggul jauh. 

"Dalam survei kami yang mendatangi calon pemilih, tapi dalam konteks partisipasi pemilih yang harus mendatangi TPS. Karena itu sangat mungkin suara pak Amri Arsyid akan lebih tinggi dibanding prediksi survei hari ini," jelasnya. 

Berdasarkan data Indikator, PKS dikenal sebagai partai yang sering unggul dalam berbagai kontestasi politik baik di Pemilihan Legislatif maupun Pilkada. Di Kota Makassar sendiri, PKS berhasil merebut 6 kursi pada Pileg 2024 lalu. 

Sementara itu, Juru Bicara tim pemenangan AMAN, Yeni Rahman menanggapi hasil survei tersebut sebagi hal yang positif. Menurut Yeni, data hasil survei bisa menjadi semangat tambahan untuk bekerja lebih keras lagi. 

"Itu bagus, jadi kami tahu belum maksimal sekali ini yang kita lakukan, ibaratnya kalau volumenya baru 10 kita naikkan lagi jadi 30, 40. Jadi selalu ada perubahan, peningkatan yang kita lakukan," terangnya. 

Lanjut Yeni, masih ada waktu sebulan lebih untuk menyakinkan masyarakat Kota Makassar dengan program-program AMAN yang telah digagas. 

"Kita masih punya waktu kurang lebih 40 hari kedepan untuk bekerja lebih keras lagi, turun ke masyarakat, mendengar aspirasi dan menyampaikan program kita," tutupnya.

Topik Menarik