Kota Banjar Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon

Kota Banjar Diguyur Hujan Deras, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon

Terkini | ciamisraya.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 17:20
share

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id – Guyuran Hujan deras disertai angin kencang malam tadi mengakibatkan rumah warga di Kota Banjar rusak karena tertimpa pohon.

Menurut pemilik rumah, Sudiro warga Awiluar, Kelurahan Situbatu, Kota Banjar, mengatakan kejadian pohon yang menimpa rumahnya itu terjadi dini hari tadi sekitar pukul 01.30 WIB, Minggu (13/10/2024).

Sudiro mengatakan pohon jenis Mahoni itu tumbang karena diguyur hujan deras disertai angin kencang malam tadi. Pohon tumbang dan menimpa atap kamar. Kejadian itu membuat penghuni rumah terkejut, namun tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa ini.

"Malam itu kami lagi tidur, terus terdengar suara kencang dari atas atap kamar. Saat itu kami langsung bergeser ke tengah rumah mencari posisi aman," katanya saat ditemui di lokasi kejadian.

Setelah kejadian, Sudiro mengatakan dirinya langsung melaporkan kejadian itu ke pihak terkait. "Alhamdulillah para petugas BPBD dan Relawan pagi ini datang dan mengevakuasi pohon yang menimpa rumah saya," ujarnya.

Ketua relawan Jawa Barat Bergerak (Jaber) Kota Banjar, Ari Faturohman mengatakan pihaknya pagi ini mendapatkan laporan bahwa ada rumah warga yang tertimpa pohon.

"Tadi pagi kami mendapat laporan dari warga ada rumah tertimpa pohon. Kemudian kami langsung berkoordinasi dengan BPBD, sekitar pukul 06.00 WIB, kami ke lokasi dan mengevakuasi rumah warga ini," kata dia.

 

Ari mengatakan proses evakuasi selesai pukul 08.30 WIB, tim gabungan saat itu telah memindahkan batang pohon yang lumayan besar dari atap rumah warga.

"Alhamdulillah tidak ada korban, hanya mungkin kerugian material saja diperkirakan mencapai jutaan rupiah karena kondisi atap rumahnya lumayan rusak," kata Ari.

Menyikapi kejadian ini, Ari mengatakan seperti yang selalu di imbau oleh para petugas BPBD Kota Banjar, bahwa warga harus selalu waspada pada bencana, terlebih saat cuaca extrim terjadi.

"Dalam hal ini kami imbau warga agar selalu waspada kapanpun itu, apalagi saat cuaca extrim terjadi," pungkasnya.

Topik Menarik