Ikatan Keluarga Minang, Eksis di Depok Berkat Filosofi Langit Dijunjung Bumi Dipijak

Ikatan Keluarga Minang, Eksis di Depok Berkat Filosofi Langit Dijunjung Bumi Dipijak

Terkini | depok.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 10:11
share

SUKMAJAYA DEPOK, iNews Depok.id – Ormas di Depok. Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kota Depok sudah berdiri sejak 1972. Eksis hingga kini berkat penerapan filosofi Langit Dijunjung Bumi Dipijak.

IKM Kota Depok kini dipimpin TM Yusufsyah Putra, yang juga mantan Ketua DPRD Kota Depok 2020-2024.

iNews Depok berkesempatan untuk mengunjungi kantor sekretariat IKM Kota Depok di Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Minggu (17/10/2024). Ciri minang terlihat dari plang yang diatasnya ada miniatur rumah gadang.

Sejumlah anggota IKM berkumpul. Sebagian sedang asyik bermain catur, sebagian lagi sedang bernyanyi.

”Iya begini suasana di kantor sekretariat kami. Pada dasarnya kami suka berkumpul, ngobrol sambil minum kopi,” kata Sekjen IKM Catria Helmi Piliang, bersama Ketua Harian Taufik Hidayat dan Bendahara Umum Hutrizal.

Catria menyebut kebiasaan orang Minang yang suka berkumpul dan ngobrol ditemani kopi, turut membuat IKM Kota Depok eksis sejak berdiri tahun 1972.

”Kita ini Ormas, tetapi ciri kita beda dengan ormas lain. Kita tak pakai seragam. Keberadaan kami tak melulu membahas tentang Minang tetapi untuk masyarakat secara umum. Kantor ini kalau mau dipakai masyarakat sekitar untuk kegiatan, boleh-boleh saja,” kata Catria.

Hal senada disampaikan  Taufik Hidayat, Ketua Harian IKM Depok. Menurut Taufik, IKM menjunjung peribaha Langit Dijunjung Bumi Dipijak.

”Kita turut membangun di manapun tempat kita berada. Kita ini orang Depok meski asalnya dari Minang. Kita bersinergi dengan pemerintah,” kata Taufik.

Topik Menarik