Tampilkan Kreativitas Siswa, SDIT KIC Gelar Festival Literasi Sekolah

Tampilkan Kreativitas Siswa, SDIT KIC Gelar Festival Literasi Sekolah

Terkini | bondowoso.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 09:30
share

BONDOWOSO, INewsBondowoso.id -  SDIT Kuntum Insan Cemerlang Bondowoso gelar Festival Literasi Sekolah. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang terus dikembangkan baik dalam bentuk kegiatan pembelajaran maupun kegiatan kreativitas peserta didik.

Pelaksanaan kegiatan ini didasarkan pada pembiasaan peserta didik masa kini, yaitu kemampuan tampil berani dengan percaya diri yang tinggi.

Ini karena peserta didik lebih cenderung menyukai menyaksikan dibanding harus tampil sendiri meskipun peserta didik memiliki bakat dan potensi terpendam.

Tetapi akibat kurangnya rasa percaya diri dan rasa malu mereka enggan mengembangkan bakat dan potensinya.

Dengan demikian fenomena tersebut menjadi salah satu latar belakang terselenggaranya kegiatan Festival Literasi Sekolah.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pihak pendidik kepada  anak didik sebagai generasi muda, agar dapat menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa dan bangsa.

Pada peringatan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober diharapkan peserta didik bisa lebih menghargai dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan nasional dan bahasa negara.

Festival Literasi Sekolah SDIT KIC mengadakan berbagai macam lomba yang dapat mengasah kemampuan keterampilan menulis, berbicara, mengeluarkan ekspresi dan kreasi.

Lomba yang dilaksanakan yaitu menulis cerpen, membuat poster, membuat mading diikuti oleh siswa kelas 4 - 6, lomba bercerita diikuti siswa kelas 3 - 6, story telling diikuti siswa kelas 3 - 5, dan mewarnai diikuti siswa kelas 1 - 3.

Selain itu, peserta didik juga diajak menonton bersama film produksi anak bangsa berjudul “Laskar Pelangi”.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini diikuti oleh 116 siswa. Seluruh siswa tampak sangat antusias dalam setiap kegiatan dan gembira dengan karyanya masing-masing.

Peserta didik saling unjuk kreativitas dan ekspresi yang dituangkan melalui hasil karya masing-masing. Festival Literasi Sekolah bertujuan membentuk  karakter dan jati diri peserta didik sehingga bisa meningkatkan nilai- nilai luhur melalui sastra.

Kegiatan ini sejalan dengan tuntutan dalam standar kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia, yaitu peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat dalam bidang bahasa dan sastra.

“Diharapkan melalui Festival Literasi Sekolah ini, bisa menambah wawasan seluruh siswa, mampu mengasah bakat yang terpendam, dan mampu kembali menerbitkan buku hasil karya siswa SDIT KIC yang selalu dinantikan” ungkap Irma Trias Santi, S.P., S.Pd. Kepala Sekolah SDIT KIC.


Kedepan Kegiatan ini rutin dilakukan oleh pihak sekolah. 

Topik Menarik