Perjalanan Kasus P. Diddy, 9 Orang Tercatat Ajukan Tuntutan Hukum pada sang Rapper

Perjalanan Kasus P. Diddy, 9 Orang Tercatat Ajukan Tuntutan Hukum pada sang Rapper

Gaya Hidup | sindonews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 15:15
share

Sean Combs alias P. Diddy tengah mengalami jalan terjal dan menurun, dari sosok selebritas papan atas menjadi musuh nomor satu penduduk Amerika. Kehidupan rapper satu ini mencapai antiklimak setelah sang mantan kekasih, Cassie Ventura, membongkar semua kejahatan yang pernah ia lakukan.

Namun, sejatinya bukan cuma Cassie Ventura yang "bermasalah" dengan P. Diddy. Sebelum ini, ada banyak orang yang pernah berkonflik dengan Diddy, bahkan sampai juga ke jalur hukum, walau pada akhirnya Diddy masihbisa melenggang bebas.

Tak ada petualangan yang tidak berakhir. Begitu pun yang dialami P. Diddy. Berkali-kali membuat masalah dengan orang lain, akhirnya rapper yang juga bos perusahaan rekaman ini tak bisa berkutik saat pihak berwajib menangkapnya pada 16 September lalu atas tuduhan perdagangan seks.

Baca Juga: Kejahatan P. Diddy Terbongkar, Komedian Ini Sebut Banyak Bintang Lain yang Juga Lakukan Hal Menyimpang

Berikut daftar orang-orang yang pernah mengajukan tuntutan hukum terhadap P. Diddy

1. Casandra ‘Cassie’ Ventura

Shutterstock

Pada 16 November 2023, Cassie mengajukan gugatan terhadap P. Diddy dengan tuduhan melakukan pemerkosaan dan kekerasan fisik selama 10 tahun dalam hubungan mereka.

P. Diddy diduga memaksa Cassie berhubungan seks dengan pelacur laki-laki saat dia syuting, menganiaya dia secara fisik, dan mencekokinya dengan obat-obatan.

Cassie juga menuduh Diddy memaksa masuk ke rumahnya dan memperkosa dia menjelang akhir hubungan mereka pada 2018.

Meskipun P. Diddy bersikukuh menyatakan tidak bersalah, namun bukti video dari salah satu pertengkaran fisik yang dijelaskan Cassie dalam pengaduannya, dirilis ke publik pada 17 Mei 2024.

Video itu memperlihatkan suasana di sebuah lorong hotel pada Maret 2016, di mana P. Diddy yang saat itu hanya mengenakan handuk mencoba mencegah Cassie untuk melarikan diri. Diddy mengejar Cassie hingga ke lift, lalu menangkap, melemparnya ke lantai, dan menendang.

telah kejadian tersebut, P. Diddy menyatakan permohonan maafnya lewat Instangram dan lama-lama kasus ini pun menguap.

2. Joi Dickerson-Neal

Pada 23 November 2023, Joi Dickerson-Neal mengajukan gugatan terhadap P. Diddy dengan tuduhan pemerkosaan dan pembiusan pada 1991.

Mengutip laman Page Six, Dickerson-Neal merupakan mahasiswa Universitas Syracuse yang sempat diajak makan malam oleh Diddy.

“Selama kencan mereka, Combs dengan sengaja membiusnya, yang mengakibatkan dia berada dalam kondisi fisik yang tidak dapat berdiri atau berjalan secara mandiri,” demikian isi gugatan tersebut.

Dickerson-Neal mengatakan dalam gugatannya bahwa dia telah menderita luka seumur hidup karena dibius, diserang, dan dianiaya secara seksual, serta menjadi korban 'revenge porn' yang dilakukan P. Diddy.

Dickerson-Neal juga mengklaim dalam gugatannya bahwa dia sampai harus berhenti kuliah dan dirawat di rumah sakit karena keinginan bunuh diri.

Pihak P. Diddy sendiri telah membantah tuduhan tersebut.

3. Liza Gardner

Liza Gardner menuduh P. Diddy dan penyanyi Aaron Hall memperkosa dia serta seorang temannya pada tahun 1990/1991. Ketika itu ia baru berusia 16 tahun.

Mereka berempat diduga bertemu di sebuah acara MCA Records. P. Diddy lantas tebar pesona dan mulai merayu Gardner dan temannya, hingga mereka mau saja dibawa ke apartemen Aaron Hall.

Baca Juga: Terungkap Penyataan Mendiang Tupac Shakur soal Kejahatan P. Diddy, Disampaikan Setahun sebelum Kematiannya

“(Gardner) ditawari banyak minuman dan dipaksa berhubungan seks dengan Combs,” klaim dokumen pengadilan.

“Setelah Combs selesai melampiaskan hasrat seksnya, (Gardner) terbaring di tempat tidur, terkejut, dan trauma. Saat dia sedang dalam proses berpakaian, Hall menerobos masuk ke kamar, menjepitnya dan memaksa (Gardner) untuk berhubungan seks dengannya,” lanjut dokumen tersebut.

Juru bicara P. Diddy belakangan menyebut bahwa klaim tersebut “dibuat-buat” karena Gardner sebenarnya ingin merampas uang sang rapper.

4. Jane Doe

Pada Desember 2023, P. Diddy dituduh melakukan pemerkosaan massal dan perdagangan seks terhadap seorang siswi berusia 17 tahun bernama Jane Doe ketika masih duduk di kelas 11.

Jane Doe mengklaim dalam gugatannya bahwa dia dibius dan diperkosa oleh ayah tujuh anak tersebut dan juga rekan-rekannya pada 2003 di kamar mandi sebuah studio musik.

5. Rodney ‘Lil Rod’ Jones Jr.

Instagram

Pada Februari 2024, produser Rodney “Lil Rod” Jones Jr. mengajukan gugatan USD30 juta terhadap P. Diddy, menuduh sang musisi dan beberapa karyawannya menjadi bagian dari perusahaan pemerasan ilegal.

Jones yang pernah mengerjakan album P. Diddy yang bertajuk “The Love Album: Off the Grid, dalam pengaduannya menyatakan bahwa dia memiliki “bukti tak terbantahkan" tentang kejahatan sang rapper. Termasuk di antaranya penggunaan dan distribusi obat-obatan terlarang, mendistribusikan senjata api ilegal, serta ajakan terhadap anak di bawah umur dan pekerja seks.

Jones mengklaim P. Diddy telah mempekerjakan model Instagram Jade Ramey, rapper City Girls Yung Miami, dan mantan pacar 50 Cent sebagai pekerja seks.

Jones juga menuduh dalam gugatannya bahwa P. Diddy mencoba membujuknya untuk melakukan hubungan seks sesama jenis dengan produser Steven “Stevie J” Jordan dan berjanji untuk memastikan kalau Jones bakal memenangkan penghargaan Grammy jika dia mau terlibat dalam praktik homoseksualitas.

6. Crystal McKinney

FilmMagic

Pada 21 Mei 2024, mantan model Crystal McKinney mengajukan gugatan pelecehan seksual terhadap P. Diddy. Dia mengklaim bahwa rapper tersebut memaksanya untuk melakukan seks oral setelah acara Men's Fashion Week pada 2003.

Menurut dokumen pengadilan yang diperoleh TMZ, McKinney mengaku bertemu dengan pendiri Bad Boy Records tersebut ketika berusia 22 tahun di Cipriani Downtown, New York.

P. Diddy kemudian diduga mengundang McKinney kembali ke studionya. Di sana mereka minum-minum, bahkan McKinney menyebut kalau minuman tersebut sudah dicampur dengan narkotika.

Pada saat itulah McKinney mulai mabuk dan mengklaim P. Diddy telah memasaknya melakukan seks oral.

Akibat dugaan insiden tersebut, McKinney mengaku dikucilkan oleh industri modeling dan menderita depresi yang sangat parah, bahkan mencoba bunuh diri setahun kemudian.

7. April Lampros

Getty Images

Pada 23 Mei 2024, April Lampros mengajukan pengaduan terhadap P. Diddy dengan tuduhan membius dan memperkosanya di tahun 1990-an.

Menurut TMZ, Lampros yang merupakan mahasiswa Fashion Institute of Technology di Kota New York mengklaim dalam sebuah dokumen bahwa P. Diddy pernah menjadi mentornya di industri fashion.

Mereka bertemu di SoHo Bar pada 1995. Diddy lalu diduga menuangkan alkohol secara berlebihan untuk Lampros dan kemudian membawanya ke kamar hotel.

Lampros mengaku tidak mampu membela diri ketika ingin diperkosa, dan terbangun di keesokan hari dalam keadaan telanjang, sakit, sekaligus bingung.

Baca Juga: 10 Artis Hollywood yang Menerima Gelar Doktor Kehormatan, Salah Satunya P Diddy

8. Adria English

Instagram

Pada 3 Juli 2024, seorang wanita bernama Adria English juga mengajukan gugatan terhadap P. Diddy, mengklaim bahwa rapper tersebut diduga telah “merancangnya” masuk ke dalam perdagangan seks.

English mengaku, pertama kali bertemu P. Diddy pada 2004 setelah pacarnya mengikuti audisi untuk pertunjukan modeling Sean John.

Dia mengklaim, sang pacar dan model lainnya diduga diminta melakukan seks oral pada P. Diddy demi mendapatkan pekerjaan tersebut, namun mereka menolaknya.

Terlepas dari dugaan penolakan mereka, English mengklaim pacarnya diberi kesempatan kedua jika dia setuju untuk bekerja sebagai “penari go-go” di pesta putih P. Diddy di Hamptons pada saat itu.

Setelah dia menerima tawaran tersebut, English mulai bekerja untuk pembawa acara “Hello Good Morning” secara teratur dan diduga diharapkan untuk menggoda para tamu serta meminum minuman beralkohol yang dicampur dengan narkotika.

Awalnya English mengaku tak mau berhubungan seks dengan para tamu itu, namun semua berubah setelah P. Diddy memintanya untuk tidur dengan pemilik toko perhiasan, Jacob Arabov, dan dibayar USD1.000.

9. Dawn Richard

Getty Images

Pada 10 September 2024, Dawn Richard mengajukan gugatan terhadap P. Diddy dengan tuduhan melakukan pelecehan seksual dan kondisi kerja yang tidak manusiawi.

Richard, yang merupakan peserta acara Making the Band pada 2004, mengklaim dalam dokumen pengadilan bahwa dia menjadi sasaran pelecehan verbal oleh rapper tersebut, dengan menyebutnya sebagai kontestan “gemuk”, “jelek”, dan "pelacur".

Richard juga mengklaim P. Diddy memaksanya berlatih selama 48 jam tanpa tidur, menyebabkan dia kehilangan banyak berat badan, dehidrasi, dan timbul ruam di tubuh.

Antara 2009 dan 2011, Richard juga menuduh Diddy melakukan pelecehan seksual berkali-kali dengan menyentuhnya di dekat payudara dan bokong saat dia menanggalkan pakaian di ruang ganti.

Dari deretan kasus tersebut yang masih bisa membuatnya lolos jadi jerat hukum, P. Diddy akhirnya berhasil ditangkap pada 16 September 2024 oleh tim Investigasi Keamanan Dalam Negeri di Hotel Park Hyatt New York menyusul dakwaan dari dewan juri.

Pelantun “Hello Good Morning” itu didakwa melakukan perdagangan seks, pemerasan, dan prostitusi.

Topik Menarik