China: Sulit Hadiri Perundingan Damai Ukraina Tanpa Rusia

China: Sulit Hadiri Perundingan Damai Ukraina Tanpa Rusia

Global | sindonews | Sabtu, 1 Juni 2024 - 16:44
share

Pemerintah China mengatakan pada Jumat bahwa akan sulit bagi mereka untuk menghadiri konferensi yang direncanakan mengenai perang di Ukraina bulan depan di Swiss jika Rusia tidak berpartisipasi.

Meskipun Beijing mengatakan bahwa mereka adalah pihak netral dalam konflik Ukraina, China telah dikritik karena menolak mengutuk Moskow atas invasinya.

Ukraina sedang berusaha untuk meningkatkan kehadirannya pada konferensi perdamaian bulan Juni, di mana mereka berharap mendapatkan dukungan internasional yang luas atas visinya mengenai syarat-syarat yang diperlukan untuk mengakhiri perangnya melawan invasi Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mendesak China untuk ambil bagian tetapi Beijing bersikeras pada hari Jumat bahwa setiap pertemuan puncak akan memerlukan partisipasi Rusia, namun ditolak oleh Kyiv.

Beijing percaya bahwa konferensi tersebut harus mendapatkan pengakuan dari Rusia dan Ukraina, partisipasi yang setara dari semua pihak dan diskusi yang adil mengenai semua rencana perdamaian, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning pada konferensi pers regular, seperti dikutip AFP , Sabtu (1/6/2024).

Jika tidak, sulit bagi konferensi ini untuk memainkan peran substantif dalam memulihkan perdamaian, ujarnya.

Pengaturan pertemuan tersebut masih belum memenuhi persyaratan China dan harapan masyarakat internasional, sehingga menyulitkan China untuk hadir, kata Mao.

Moskow menolak gagasan pertemuan puncak perdamaian tanpa Rusia dan menyebutnya sebagai hal yang tidak masuk akal.

Sejak awal, China telah menyatakan kesia-siaan mengadakan pertemuan puncak tanpa partisipasi Rusia, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan pada hari Jumat.

Mencari opsi penyelesaian konflik Ukraina tanpa partisipasi Rusia benar-benar tidak logis, sia-sia, dan membuang-buang waktu.

Di sela-sela Shangri-La Dialogue di Singapura pada hari Jumat, pejabat tinggi pertahanan China menegaskan kembali posisi objektif dan tidak memihak Beijing dalam perang Rusia-Ukraina.

Kami menghormati komitmen kami untuk tidak memberikan senjata kepada kedua pihak yang berkonflik, kata juru bicara pemerintah China Wu Qian, setelah pertemuan yang jarang terjadi antara Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan China Dong Jun.

Kami telah menerapkan kontrol ketat terhadap ekspor barang-barang militer, kata Wu.

China akan terus mendorong perundingan perdamaian dan memainkan peran konstruktif, namun kami dengan tegas menentang Amerika Serikat yang menyalahkan kami, katanya.

Kementerian Luar Negeri Swiss pada hari Jumat mengatakan pihaknya telah memperhatikan posisi China, dan menambahkan: Swiss dan China memiliki prinsip yang sama mengenai penyelenggaraan konferensi perdamaian.

Perjanjian ini harus memungkinkan adanya diskusi yang adil mengenai semua rencana perdamaian, melibatkan seluruh komunitas internasional, khususnya negara-negara Selatan, dan melibatkan Rusia, lanjut kementerian tersebut.

Kementerian Luar Negeri Swiss mengatakan pihaknya bekerja secara aktif untuk melibatkan Rusia.

Topik Menarik