Belanda Izinkan Ukraina Gunakan Jet Tempur F-16 untuk Invasi Balik Rusia

Belanda Izinkan Ukraina Gunakan Jet Tempur F-16 untuk Invasi Balik Rusia

Global | sindonews | Sabtu, 1 Juni 2024 - 19:24
share

Jet tempur F-16 Belanda yang akan diberikan kepada Ukraina dapat digunakan untuk menyerang target di wilayah Rusia. Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Hanke Bruins Slot.

Bruins Slot mengatakan penggunaan jet tempur buatan Amerika Serikat (AS) itu juga tidak terbatas pada daerah perbatasan dekat Kharkiv.

Belanda pada akhirnya akan memasok 24 unit F-16 ke Ukraina dan yang pertama akan tiba pada musim gugur.

Prinsip teguh kami sebagai Belanda adalah, jika ini adalah pertanyaan tentang pertahanan diri, dan jika sejalan dengan aturan hukum kemanusiaan, senjata dari Belanda dapat digunakan di wilayah Rusia, katanya kepada RTL , Sabtu (1/6/2024).

Bruins Slot berbicara di Praha di sela-sela pertemuan puncak informal NATO untuk membahas perang di Ukraina.

Politico melaporkan pada Kamis lalu bahwa pemerintahan Presiden AS Joe Biden diam-diam memberikan izin kepada Ukraina untuk menyerang wilayah Rusiadekat wilayah Kharkivdengan menggunakan senjata yang disediakan Amerika, sebuah keputusan yang dikonfirmasi oleh Gedung Putih pada hari Jumat.

Jerman pada hari Jumat juga memberi lampu hijau kepada Ukraina untuk menggunakan persenjataan yang dipasoknya untuk menyerang wilayah Rusia.

Ukraina harus mampu melakukan segala yang diperlukan untuk mempertahankan diri, kata Bruins Slot.

Kami sudah jelas tentang hal ini sejak awal. Kabar baiknya adalah Amerika telah mengambil langkah penting menuju hal ini. Tidak setiap negara bisa, atau ingin melakukan hal ini, namun hari ini saya kembali menyerukan agar lebih banyak negara melakukan lebih dari yang mereka izinkan saat ini, katanya.

Topik Menarik