Miliarder Jepang Maezawa Batalkan Misi Terbang Keliling Bulan, Ini Alasannya

Miliarder Jepang Maezawa Batalkan Misi Terbang Keliling Bulan, Ini Alasannya

Global | sindonews | Sabtu, 1 Juni 2024 - 18:59
share

Miliarder Jepang Yusaku Maezawa membatalkan misi “dearMoon”, yang menurut proyek tersebut akan menjadi penerbangan pribadi pertama mengelilingi bulan. Tim misi tersebut mengumumkan hal itu, Sabtu (1/6/2024).

Tim tersebut awalnya bertujuan untuk melakukan penerbangan keliling bulan dengan membawa selebriti di dalamnya pada akhir tahun lalu tetapi hal itu menjadi “tidak mungkin”, kata misi tersebut dalam sebuah pernyataan di situs webnya.

“Tanpa kepastian jadwal yang jelas dalam waktu dekat, dengan berat hati Maezawa mengambil keputusan yang tidak dapat dihindari untuk membatalkan proyek tersebut,” katanya, seperti dikutip Reuters.

“Kepada semua yang telah mendukung proyek ini dan menantikan upaya ini, kami dengan tulus mengapresiasinya dan meminta maaf atas hasil ini.”

Baca Juga: Korea Utara Tembakkan 10 Rudal Balistik ke Laut Jepang

Dalam posting-an terpisah di situs misi, Maezawa menyatakan bahwa penyebab pembatalan tersebut adalah ketidakpastian atas pengembangan proyek, dan mengatakan bahwa dia menandatangani kontrak pada tahun 2018 berdasarkan asumsi peluncuran akan dilakukan pada akhir tahun 2023.

“Ini adalah proyek pengembangan, jadi memang begitu, tapi masih belum pasti kapan Starship bisa diluncurkan,” kata Maezawa.

“Saya tidak dapat merencanakan masa depan saya dalam situasi ini, dan saya merasa tidak enak membuat anggota kru menunggu lebih lama, sehingga sulit untuk mengambil keputusan untuk membatalkannya pada saat ini.”

SpaceX milik Elon Musk menunjuk Maezawa, pendiri toko fashion online Jepang Zozo Inc 3092.T yang penuh warna, sebagai penumpang pribadi pertamanya pada tahun 2018.

Tiga tahun kemudian dia menjadi penumpang pribadi pertama yang mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional dalam lebih dari satu dekade, meluncurkan roket Soyuz.

Pada tahun 2022, Maezawa mengumumkan bahwa bintang K-pop TOP dan DJ Steve Aoki akan menjadi salah satu dari delapan anggota kru yang rencananya akan dia ambil dalam misi “dearMoon”.

Pada bulan November dia mengatakan misi terbang lintas bulan akan ditunda hingga tahun ini atau lebih lama lagi.

Topik Menarik