Mengapa Norwegia Mengakui Palestina namun Masih Berhubungan Baik dengan Israel?

Mengapa Norwegia Mengakui Palestina namun Masih Berhubungan Baik dengan Israel?

Global | sindonews | Senin, 3 Juni 2024 - 21:04
share

Norwegia, bersama Irlandia dan Spanyol, baru-baru ini mengumumkan keputusannya untuk secara resmi mengakui negara Palestina berdasarkan perbatasan sebelum tahun 1967, mulai hari Selasa.

Bisa ditebak, ketika Otoritas Palestina dan Hamas menyambut baik perkembangan ini, pemerintah Israel melancarkan serangan dengan segera menarik duta besarnya dari Oslo, Dublin, dan Madrid serta memanggil perwakilan Norwegia, Irlandia, dan Spanyol di Tel Aviv.

Perdana Menteri Jonas Gahr Store menjelaskan bahwa keputusan Norwegia adalah untuk mendukung kekuatan moderat yang mengalami kemunduran dalam konflik yang berkepanjangan dan kejam.

Dia mengatakan langkah ini merupakan investasi pada satu-satunya solusi yang dapat membawa perdamaian abadi di Timur Tengah dua negara yang hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan.

Mengapa Norwegia Mengakui Palestina namun Masih Berhubungan Baik dengan Israel?

1. Kegagalan Perjanjian Oslo

Foto/AP

Para analis tidak terkejut dengan langkah Norwegia, yang terjadi 30 tahun setelah negara itu menjadi tuan rumah Perjanjian Oslo, perjanjian perdamaian awal tahun 1990an yang akhirnya gagal.

Masyarakat Norwegia sudah lama bergerak ke arah pandangan yang lebih pro-Palestina. Pihak politik menjadi lebih ragu-ragu, salah satunya karena kedekatannya dengan AS, Bjorn Olav Utvik, seorang profesor studi Timur Tengah di Universitas Oslo, mengatakan kepada Al Jazeera. Sejak pecahnya konflik saat ini, opini masyarakat semakin mengarah pada perjuangan Palestina.

Dia menyebut pengakuan tersebut sebagai langkah simbolis yang penting dan lebih mudah dilakukan dibandingkan, misalnya, memutus semua investasi yang terkait dengan Israel oleh dana kekayaan negara Norwegia.

2. Mendukung Hak-hak Palestina

Foto/AP

Ketika negara-negara Eropa terpecah belah akibat perang Israel di Gaza, Norwegia kini semakin dekat dengan negara-negara yang secara vokal mendukung hak-hak Palestina untuk menentukan nasib sendiri dan martabat dasar.

Kami tidak bisa menunggu lebih lama lagi, Espen Barth Eide, menteri luar negeri Norwegia, baru-baru ini mengatakan kepada Al Jazeera. Satu-satunya penyelesaian jangka panjang yang dapat membawa perdamaian bagi rakyat Palestina dan Israel adalah solusi dua negara. Kedua negara bagian ini tentunya harus memiliki wilayah yang logis. Banyak hal yang harus diubah.

Para pejabat Norwegia mempertahankan dukungan tingkat tinggi kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dan dengan cepat menuntut gencatan senjata setelah konflik terbaru ini meletus.

3. Memosisikan Diri sebagai Mediator

Foto/AP

Sebelumnya, Norwegia telah mengecam pendudukan Israel di hadapan Mahkamah Internasional. Mereka tidak mengekspor senjata ke Israel dan telah memberikan sanksi kepada beberapa pemukim ekstremis.

Norwegia percaya bahwa aktivitas pemukiman Israel di tanah yang diduduki adalah ilegal menurut hukum internasional dan menghambat proses perdamaian dan sangat yakin akan solusi dua negara sebagai satu-satunya solusi yang bertahan lama, kata Hasini Ransala Liyanage, peneliti doktoral di Universitas tersebut. dari departemen ilmu politik Oslo.

Dia menggambarkan Norwegia sebagai mediator terkemuka dalam berbagai konflik di dunia yang selalu fokus pada solusi damai.

Mediasi Norwegia ditandai dengan kesediaan untuk memberikan bantuan jangka panjang, fasilitasi pembicaraan perdamaian yang tidak memihak dan kerja sama yang erat dengan pihak-pihak yang berkonflik, tambahnya.

4. Mendorong Israel Mengembalikan Tanah yang Direbut dari Palestina

Foto/AP

Melansir Al Jazeera, pengakuan Oslo terhadap negara Palestina juga menggarisbawahi dukungannya terhadap Inisiatif Perdamaian Arab, yang menyerukan pengakuan atas hak keberadaan Israel dan normalisasi hubungan dengan imbalan penarikan Israel dari tanah yang direbut sejak tahun 1967 dan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Bagi saya, tampaknya pengumuman tersebut dirancang untuk menarik perhatian terhadap inisiatif ini dan berkontribusi pada momentum diplomatik untuk meningkatkan dukungan Eropa terhadap rencana perdamaian Arab, Sverke Runde Saxegaard, peneliti doktoral di Universitas Oslo, mengatakan kepada Al Jazeera.

Pemerintah telah menekankan sepanjang hari bahwa ini sama sekali bukan merupakan tanda dukungan terhadap Hamas namun merupakan tanda dukungan bagi kekuatan dan aktor yang mencari solusi tanpa kekerasan terhadap konflik di Israel dan Palestina. Untuk memberikan secercah harapan di masa kelam, tambahnya.

Perang terbaru dan paling mematikan yang dilakukan Israel di Gaza telah menewaskan hampir 36.000 orang, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak. Kampanyenya dimulai setelah Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza, melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke Israel selatan yang menewaskan 1.139 orang dan sekitar 250 orang ditangkap.

Pengakuan Oslo atas negara Palestina mungkin juga menjadi pertanda baik bagi citra dan reputasi Norwegia di negara-negara Selatan.

Liyanage mengatakan langkah diplomatik yang kuat dari Oslo menandakan dukungan bagi masyarakat di Timur Tengah dan dunia Muslim serta warga negara-negara Selatan yang menderita akibat kekerasan dan konflik yang berkepanjangan.

Norwegia akan berdiri sebagai negara yang bertindak melawan kejahatan perang [dan] pelanggaran hukum kemanusiaan internasional dan negara yang mengakui hak sah negara lain untuk membela warga negara dan perbatasannya.

Politisi Norwegia juga mengakui risiko penerapan hukum internasional yang tidak konsisten dan pesan yang disampaikan kepada masyarakat non-Barat.

Melakukan dan mengucapkan hal-hal populer jarang sekali merugikan reputasi suatu negara. Dan meskipun saya tidak melihat hal ini sebagai motivasi utama di sini, Menteri Luar Negeri telah lama bersuara tentang bagaimana Norwegia dan negara-negara Barat tidak boleh dianggap munafik, kata Saxegaard. Jika Barat ingin dunia marah terhadap Rusia di Ukraina, mereka juga harus marah terhadap Israel di Gaza.

Mengingat bagaimana pemerintah negara-negara Arab menyambut baik langkah Norwegia baru-baru ini, Hugh Lovatt, peneliti kebijakan senior di Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa, mengatakan bahwa langkah tersebut hanya merupakan upaya kecil untuk melawan persepsi negara-negara Selatan terhadap standar ganda Eropa dan dukungan buta terhadap Israel.

6. Melakukan Pendekatan yang Baru

Foto/AP

Tampaknya Oslo telah menyadari bahwa sudah waktunya untuk melakukan pendekatan terhadap isu Israel-Palestina dengan cara-cara baru dan meninggalkan pendekatan-pendekatan yang gagal pada dekade-dekade sebelumnya.

Jorgen Jensehaugen, seorang peneliti senior di Institut Penelitian Perdamaian Oslo, mengatakan bahwa perdana menteri telah menyiratkan bahwa ia percaya bahwa karena tidak ada proses perdamaian, menunggu proses perdamaian dimulai ketika perang sedang berkecamuk bukan lagi alternatif yang layak.

Lovatt menambahkan: Langkah Norwegia ini menurut pendapat saya juga melambangkan kehancuran akhir dari proses perdamaian Oslo dan kebutuhan mendesak untuk menguraikan strategi perdamaian baru pasca-Oslo yang harus melibatkan langkah-langkah nyata untuk menantang pendudukan Israel dan mendukung hak-hak Palestina.

Harapannya adalah dukungan kuat terhadap penentuan nasib sendiri Palestina dapat menunjukkan kepada masyarakat Palestina bahwa diplomasi dapat memberikan hasil dan memberikan alternatif yang kredibel terhadap kekerasan bersenjata.

Topik Menarik