Sama Seperti Iklan Rokok, Sekjen PBB: Larang Iklan Bahan Bakar Fosil Bisa Selamatkan Dunia dari Perubahan Iklim

Sama Seperti Iklan Rokok, Sekjen PBB: Larang Iklan Bahan Bakar Fosil Bisa Selamatkan Dunia dari Perubahan Iklim

Global | okezone | Kamis, 6 Juni 2024 - 08:50
share

NEW YORK - Industri bahan bakar fosil dunia harus dilarang memasang iklan untuk membantu menyelamatkan dunia dari perubahan iklim.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antnio Guterres menyebut perusahaan batubara, minyak dan gas sebagai bapak baptis kekacauan iklim yang telah memutarbalikkan kebenaran dan menipu masyarakat selama beberapa dekade.

Dia mengatakan sama seperti iklan tembakau atau rokok yang dilarang karena ancaman terhadap kesehatan, hal yang sama juga berlaku pada bahan bakar fosil.

Ucapannya merupakan kecaman paling keras terhadap industri-industri yang bertanggung jawab atas sebagian besar pemanasan global. Hal ini terjadi ketika penelitian baru menunjukkan laju pemanasan meningkat dan rekor panas global terus menurun.

Data dari badan iklim Uni Eropa (UE) menegaskan bahwa setiap 12 bulan terakhir mencatat rekor suhu global baru sepanjang tahun. Tingginya suhu disebabkan oleh perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia, meskipun sedikit pengaruhnya juga disebabkan oleh fenomena iklim El Nio.

Meskipun El Nio yang memudar akan segera mengakhiri rekor bulan-bulan yang memecahkan rekor tersebut, suhu akan terus meningkat dalam jangka panjang karena emisi gas yang menyebabkan pemanasan global dari aktivitas manusia.

Tahun lalu merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat dan Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mengatakan pada Rabu (5/6/2024) bahwa rekor tersebut mungkin akan turun lagi pada tahun ini.

Guterres juga telah menyerukan tindakan politik yang lebih cepat terhadap perubahan iklim, dan tindakan keras terhadap industri bahan bakar fosil.

Topik Menarik