Pemimpin Hizbullah dan Hamas Bahas Gencatan Senjata Gaza

Pemimpin Hizbullah dan Hamas Bahas Gencatan Senjata Gaza

Global | sindonews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 21:30
share

Kelompok Hizbullah Lebanon mengumumkan pada Jumat (5/7/2024) bahwa Sekretaris Jenderalnya Hassan Nasrallah membahas perkembangan terkini di Jalur Gaza dan perundingan gencatan senjata dengan Wakil Kepala Gerakan Palestina Hamas Khalil al-Hayya.

Dalam pernyataan, Hizbullah mengonfirmasi Nasrallah menjadi tuan rumah delegasi Hamas yang dipimpin Al-Hayya, di mana mereka meninjau perkembangan keamanan dan politik terkini di Palestina, khususnya Gaza.

Pertemuan tersebut meninjau perkembangan keamanan dan politik terkini di Palestina secara umum dan Gaza secara khusus, serta kondisi front pendukung di Lebanon, Yaman, dan Irak, ungkap pernyataan tersebut.

Pernyataan tersebut lebih lanjut menyebutkan, Nasrallah dan delegasi Hamas membahas perkembangan terkini dalam perundingan yang sedang berlangsung dan suasananya, bersama dengan proposal yang ditujukan untuk menghentikan agresi berbahaya terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Kedua pihak menegaskan kelanjutan koordinasi lapangan dan politik di semua lini untuk mencapai tujuan yang diinginkan, papar pernyataan itu menyimpulkan.

Kemungkinan Kesepakatan

Pada Rabu, gerakan Palestina Hamas mengumumkan mereka telah memimpin tanggapan terhadap usulan gencatan senjata.

Pejabat Israel dilaporkan mengindikasikan tanggapan tersebut telah memberi harapan bagi para mediator, meskipun banyak masalah masih perlu diselesaikan. Rincian masalah ini tidak diungkapkan.

Pada Kamis, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyetujui pengiriman tim negosiasi ke Doha setelah Israel menerima tanggapan dari Hamas mengenai usulan perjanjian pertukaran tahanan.

Baik Israel, Hamas, maupun para mediator belum merilis rincian tanggapan yang diberikan Hamas pada Rabu.

Kantor berita Reuters melaporkan pada Jumat bahwa delegasi Amerika juga akan berpartisipasi dalam pertemuan Doha.

Seorang pejabat Amerika menyatakan Hamas telah membuat amandemen signifikan terhadap posisinya, yang berpotensi memajukan proses negosiasi dan meletakkan dasar bagi perjanjian tahanan dan gencatan senjata di Gaza.

Namun, pejabat tersebut mencatat perjanjian tersebut tidak mungkin diselesaikan dalam beberapa hari, dengan masalah yang belum terselesaikan berkisar pada implementasi perjanjian tersebut.

Seorang pejabat Israel juga menyatakan optimismenya tentang tercapainya kesepakatan menyusul tanggapan terbaru Hamas, mengakui sulitnya persyaratan tersebut tetapi menekankan persyaratan tersebut tidak boleh menghalangi kesepakatan.

Pejabat lain mengindikasikan keberhasilan kesepakatan bergantung pada keputusan Netanyahu.

Front Utara

Eskalasi besar terjadi di front Lebanon pada Kamis ketika Hizbullah menanggapi pembunuhan salah satu pemimpinnya dan melanjutkan operasi pengebomannya untuk mendukung Perlawanan Palestina di Gaza.

Ratusan rudal dan pesawat nirawak diluncurkan dari Lebanon, menargetkan lebih dari 100 lokasi di Galilea Atas, Bawah, dan Barat, Dataran Tinggi Golan, dan wilayah pesisir Nahariya dan Acre, menurut Al-Jazeera.

Akibatnya, puluhan kebakaran dilaporkan terjadi di berbagai lokasi di Galilea dan Dataran Tinggi Golan.

Seorang tentara Israel dilaporkan tewas dan tentara yang lainnya terluka akibat serangan rudal dari Lebanon yang menargetkan kendaraan mereka.

Selain itu, sirene kembali terdengar di semua kota di Lembah Hula dan permukiman Israel di Dataran Tinggi Golan yang diduduki setelah penembakan dari Lebanon, tambah laporan itu.

Meningkatnya Ketegangan

Sejak dimulainya perang Israel di Gaza, pada 7 Oktober, gerakan Lebanon Hizbullah telah terlibat secara langsung, tetapi relatif terbatas dalam perang melawan penjajah Israel.

Menurut sumber-sumber Hizbullah, gerakan tersebut telah melakukan 1.194 operasi militer dalam 250 hari pertama perang, menewaskan dan melukai lebih dari 2.000 tentara Israel.

Israel telah menduduki sebagian wilayah Lebanon selama beberapa dekade dan baru meninggalkan negara itu pada tahun 2000, setelah perlawanan keras Lebanon di bawah kepemimpinan Hizbullah.

Israel berupaya menduduki kembali Lebanon pada tahun 2006 tetapi gagal dalam apa yang dianggap Lebanon sebagai kemenangan besar melawan Israel.

Namun, Israel terus menduduki sebagian wilayah Lebanon, yaitu wilayah Sheeba Farms.

Hizbullah telah berjanji merebut kembali setiap inci wilayah Lebanon yang telah diduduki rezim kolonial Israel. Aksi kolonialisasi ilegal oleh Israel ini sangat bertentangan dengan hukum internasional.

Topik Menarik