Gempabumi Tektonik M3,8 Dirasakan di Bawean, Gresik Jatim

Gempabumi Tektonik M3,8 Dirasakan di Bawean, Gresik Jatim

Nasional | gresik.inews.id | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 10:10
share

GRESIK, iNewsGresik.id – Gempa bumi tektonik dengan magnitudo M3,8. kembali menguncang wilayah Tuban, Jawa Timur, Pada hari Jumat, pukul 15.26.54 WIB, , (18/10/ 2024).

Berdasarkan hasil analisis BMKG, pusar gempabumi ini berada pada koordinat 5.79° LS; 112.44° BT, berlokasi di laut sekitar 130 km timur laut Tuban dengan kedalaman 4 km.

Rully Oktavia Hermawan, Kepala Stasiun Geofisika Pasuruan dalam keterangan tertulisnya  menyebutkan 
gempabumi ini tergolong sebagai gempabumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif, sesuai dengan kedalaman dan lokasi episenternya.

"Getaran gempabumi dirasakan di wilayah Bawean dengan intensitas II MMI, di mana hanya sedikit orang yang merasakan dan benda-benda ringan yang digantung mengalami goyangan, " terangnya. 

Hingga saat ini, lanjut Rully belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempabumi tersebut.

Rully menambahkan hasil pantauan BMKG, hingga pukul 16.00 WIB pada hari yang sama, belum terdeteksi adanya gempabumi susulan.

"Kami memgimbau Masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, " ungkapnya. 

Untuk itu, pihaknya menyarankan masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak, dan memeriksa kondisi rumah guna memastikan keamanan sebelum kembali ke dalamnya.

"Informasi resmi terkait gempabumi hanya dikeluarkan oleh BMKG melalui kanal komunikasi resmi seperti Instagram, Twitter @infoBMKG, website www.bmkg.go.id, Telegram, atau aplikasi mobile infobmkg, " pungkas Rully

Topik Menarik