Protes! Marc Marquez Tuding Alat Pemadam Api Sirkuit Mandalika Bikin Motornya Rusak Parah

Protes! Marc Marquez Tuding Alat Pemadam Api Sirkuit Mandalika Bikin Motornya Rusak Parah

Olahraga | inews | Senin, 30 September 2024 - 10:09
share

MANDALIKA, iNews.id – Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez, protes kepada penyelenggara MotoGP Indonesia 2024. Menurutnya, alat pemadam kebakaran yang digunakan untuk memadamkan api pada motornya membuat kuda besinya rusak parah karena speknya tak sesuai untuk menanggulangi kebakaran pada motor balap.

Marquez mengalami nasib sial pada balapan panjang MotoGP Indonesia 2024, Minggu (29/9/2024) siang WIB. Usai bertarung sengit dengan Fabio Di Giannantonio untuk memperebutkan posisi ketujuh, tiba-tiba dia melambatkan motornya pada lap 11.

Ternyata, muncul percikan api dari mesin motornya yang membuat Marquez menepi ke pinggir trek. Beruntung, marshall bertindak dengan cepat untuk memadamkan si Jago Merah dengan alat pemadam kebakaran yang tersedia.

Namun, The Baby Alien menilai spek alat pemadam kebakaran itu tidak sesuai untuk memadamkan api pada motor balap. Alhasil, motor Desmosedici GP23-nya mengalami kerusakan yang semakin parah.

“Ini tidak berjalan secara profesional. Menurut saya, alat pemadam kebakaran tersebut kurang tepat dan juga banyak merusak sepeda motor saat memadamkan api,” kata Marquez dilansir dari Speedweek, Senin (30/9/2024).

“Itu tidak baik. Terutama untuk motor tim satelit, kerusakannya cukup besar,” tambahnya.

Marquez mengungkapkan, penyebab kebakaran itu karena mesin motornya mengalami kerusakan. Namun dia tak menyangka hal itu terjadi karena sebelum insiden terjadi tidak ada tanda-tanda apapun yang muncul dan kuda besinya melaju dengan sangat baik.

Dengan hasil tersebut, juara MotoGP enam kali itu belum pernah finis dalam tiga balapan utama GP Indonesia. Pada musim 2022, dia mengalami kecelakaan saat pemanasan dan membuatnya gegar otak sehingga terpaksa absen di Mandalika.

Kemudian pada 2023, Marquez terjatuh saat sprint dan juga balapan panjang. Pada tahun ini, rider berusia 31 tahun itu lagi-lagi gagal menyelesaikan balapan utamanya di Mandalika. 
Beruntung dia sudah mampu finis dalam sprint MotoGP Indonesia 2024 di podium ketiga sehingga ada poin yang diraih pekan ini.

Topik Menarik