Gus Ipul Tanggapi Wacana MLB NU: Tidak akan Pernah Berhasil

Gus Ipul Tanggapi Wacana MLB NU: Tidak akan Pernah Berhasil

Terkini | inews | Senin, 30 September 2024 - 12:46
share

JAKARTA, iNews.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menanggapi wacana Muktamar Luar Biasa (MLB) NU. Dia menegaskan tidak ada MLB dalam sejarah organisasi Islam terbesar di Indonesia itu.

"Ya enggaklah, di NU itu enggak ada MLB. Enggak ada dalam sejarah NU itu MLB," kata Gus Ipul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Menteri Sosial itu menyebut pernah ada pihak yang membahas MLB beberapa waktu lalu. Akan tetapi, wacana itu tidak berlanjut dan hilang begitu saja.

Dia pun meyakini wacana yang berkembang saat ini tidak akan berhasil.

"Ini saya percaya betul bahwa NU ini banyak yang menjaga, kiai kiai ulama yang pada dasarnya para kiai ulama itu tidak suka rebutan jabatan. Maka tidak akan pernah berhasil bagi mereka yang menginginkan MLB. Jadi gitu aja," kata Gus Ipul.

Diketahui, ratusan ulama dan kiai NU melakukan bedah Risalah Bangkalan sekaligus konsolidasi. Kegiatan ini untuk persiapan MLB NU.

Pengasuh Ponpes Nur Muhammad Ndresmo, Kiai Maftuh mengatakan, MLB NU digelar dengan berpedoman pada Anggaran Dasar Jam’iyyah Nahdlatul Ulama.

"Hasil diskusi para kiai kita namakan Maklumat Sarang yang memuat beberapa keputusan," ungkap Kiai Maftuh di Pondok Pesantren Sarang, Rembang, Jateng, Senin, (23/9/2024).

Topik Menarik