Anies Tegaskan Demokrasi Harus Bermanfaat untuk Rakyat, Bukan Segelintir Elite

Anies Tegaskan Demokrasi Harus Bermanfaat untuk Rakyat, Bukan Segelintir Elite

Terkini | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 13:26
share

JAKARTA, iNews.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan proses demokrasi harus bermanfaat untuk rakyat. Dia mengajak seluruh pihak menjaga suasana teduh Pilkada 2024.

"Kita ingin ada proses demokrasi ini berujung kepada manfaat untuk rakyat, bukan manfaat untuk segelintir orang, bukan bermanfaat untuk elite," kata Anies di kediamannya, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2024).

Anies masih enggan membeberkan komunikasi terkini dengan PDIP usai batal maju di Pilgub Jakarta dan Jabar.

"Nanti ceritanya. Nanti saja," ujarnya.

Dia pun legawa tidak maju di pilkada. Dia meyakini ini merupakan takdir yang terbaik dari Allah SWT.

"Jadi, ketika kemudian hasil yang kita saksikan seperti sekarang, ya saya yakin ini pasti yang terbaik," tuturnya.

Di sisi lain, Anies mengaku akan tetap di Jakarta usai gagal maju di Pilkada 2024. Kendati demikian, dia tak mengungkapkan apa yang bakal dikerjakan ke depan.

"Jadi saya ada yang harus dikerjakan di Jakarta, sehingga ndak bisa pergi. Nanti saya akan sampaikan khusus terkait dengan rencana ke depan, langkah-langkah apa yang akan dikerjakan," kata dia.

Anies pun mengucapkan selamat kepada semua calon kepala daerah yang berlaga di Pilkada 2024. Dia mendoakan agar prosesnya berjalan lancar dan baik.

"Saya ingin menyampaikan selamat aja kepada mereka-mereka yang hari ini mulai menjalani periksa kesehatan, mulai dari proses, mudah-mudahan berjalan lancar, demokrasinya juga nanti berjalan dengan baik," katanya.

Diketahui, nama Anies sempat mencuat untuk didaftarkan PDIP bersama Ono Surono maju Pilgub Jabar 2024 pada Kamis (29/8/2024). Hal itu usai Anies dipastikan gagal maju Pilgub Jakarta setelah PDIP mengusung Pramono Anung dan Rano Karno.

Namun, Anies memutuskan tidak maju dalam kontestasi Pilgub Jabar.

Topik Menarik