Puan Maharani Menangis di Rapat Paripurna Terakhir, Minta Maaf atas Kekurangan DPR 2019-2024

Puan Maharani Menangis di Rapat Paripurna Terakhir, Minta Maaf atas Kekurangan DPR 2019-2024

Terkini | inews | Senin, 30 September 2024 - 16:14
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menangis dalam Rapat Paripurna terakhir DPR periode 2019-2024. Dia pun meminta maaf atas kekurangan anggota dewan selama lima tahun mengemban amanah.

“Atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPR RI periode 2019-2024, kami menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran Pemerintahan, Lembaga Negara serta seluruh mitra kerja lainnya dalam membangun Indonesia. Kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama bermitra terdapat hal-hal yang kurang berkenan,” kata Puan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Puan juga mengepresiasi kerja dari media yang ikut mengawal jalannya kedaulatan rakyat. Menurutnya, semua kritik dan saran dari rekan-rekan pers yang diberikan kepada dewan telah menjadi bahan masukan yang sangat berharga bagi perbaikan DPR.

Puan menyadari bahwa tidak semua dapat dilaksanakan secara sempurna. Dia mengucapkan terima kasih kepada para mitra kerja DPR atas kerja sama dalam membangun bangsa.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan kami selama menjalankan tugas. DPR RI akan selalu menyempurnakan diri agar semakin dekat dengan harapan rakyat," katanya.

Secara khusus, Puan memberi apresiasi atas kerja bersama seluruh anggota DPR RI periode 2019-2024. Termasuk dengan terus menjaga dinamika yang harmonis serta konstruktif dalam menjalankan tugas konstitusional.

“Kami, pimpinan DPR RI, juga memohon maaf apabila selama memimpin DPR RI terdapat hal-hal yang kurang berkenan bagi Anggota DPR RI ataupun bagi fraksi-fraksi DPR RI. Semoga kita dapat terus menyempurnakan DPR RI sebagai lembaga wakil rakyat yang semakin baik,” ungkap Puan.

Usai Rapat Paripurna Terakhir Anggota dewan Periode 2019-2024 hari ini, sebanyak 580 anggota DPR terpilih untuk periode 2024-2029 dari 84 daerah pemilihan (dapil) akan dilantik besok hari, Selasa (1/10). Terbata-bata menahan air mata, Puan pun mengucapkan selamat bertugas bagi Anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029.

“Bagi Anggota DPR RI yang belum terpilih kembali, selamat bekerja dan mengabdikan diri di tempat tugas yang baru, serta terus menjalankan komitmennya membangun Indonesia, terus mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong,” kata Puan dengan sesekali menyeka air matanya.

Puan mengatakan, membangun Indonesia dapat dilakukan dengan berbagai cara dan sarana yang positif. Setiap kontribusi yang dilakukan, menurutnya, akan sangat berarti untuk kemajuan Indonesia.

"Marilah kita terus mengambil peran dan kerja bersama dalam menjaga, merawat, dan membangun Indonesia," imbuh Puan di akhir pidatonya disambut standing applause dari seluruh anggota DPR periode 2019-2024 yang hadir dalam rapat paripurna terakhir.

Topik Menarik