Dilantik Jadi Anggota DPR, Atalia Incar Kursi Komisi VIII

Dilantik Jadi Anggota DPR, Atalia Incar Kursi Komisi VIII

Terkini | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 12:42
share

JAKARTA, iNews.id - Atalia Praratya, istri Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil, resmi dilantik menjadi anggota DPR periode 2024-2029, Selasa (1/10/2024). Dia ingin menempati Komisi VIII DPR.

Hal itu diungkapkan oleh Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil. Menurutnya, Komisi VIII DPR diincar Atalia karena sesuai dengan passion.

"Istri saya beliau memilih di Komisi VIII di bidang sosial kebencanaan, perempuan dan perlindungan anak, sesuai passion-nya," ujar Kang Emil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2024).

Dia meyakini Atalia bisa amanah. Sebab, tugas-tugas Komisi VIII DPR sesuai dengan minatnya.

"Saya meyakini insya Allah beliau amanah dan sesuai minatnya melalui aktivitas dan legislasi dan lain lain," kata dia.

Sebanyak 580 anggota DPR periode 2024-2029 dilantik, Selasa (1/10/2024). Para legislator mengucapkan sumpah janji pada rapat paripurna di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Pengucapan sumpah dipandu Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin. Momen itu disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 115/P 2024.

Adapun pelantikan dipimpin oleh Ketua DPR sementara Guntur Sasono dan Wakil Ketua DPR sementara Annisa MA Mahesa.

Guntur Sasono memimpin pelantikan sebagai anggota DPR tertua kedua setelah Zulfikar Achmad dari Fraksi Partai Demokrat. Dia berusia 78 tahun 2 bulan 30 hari.

Sementara anggota DPR tertua yakni Zulfikar Achmad dari Fraksi Partai Demokrat. Dia berusia 78 tahun 4 bulan 15 hari.

Sedangkan anggota DPR termuda yang dilantik adalah Annisa MA Mahesa dari Fraksi Partai Gerindra. Annisa merupakan putri mantan Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa yang berusia 23 tahun 2 bulan 15 hari per 1 Oktober 2024 

Diketahui, jumlah anggota DPR bertambah dari sebelumnya 575 menjadi 580 orang karena pemekaran provinsi di Papua. Mereka berasal dari delapan fraksi yakni PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, PKS, PAN dan Demokrat.

Topik Menarik