Momen Anggota DPR Terpilih Antre Salaman dan Selfie dengan Jokowi

Momen Anggota DPR Terpilih Antre Salaman dan Selfie dengan Jokowi

Terkini | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 16:18
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR/DPD/MPR RI Periode 2024-2029, Selasa (1/10/2024). Usai pengucapan sumpah itu, beberapa anggota DPR tampak antre untuk bersalaman dan swafoto (selfie) dengan Jokowi.

Pengucapan sumpah/janji anggota dewan tersebut dilaksanakan di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta. Beberapa anggota DPR tampak sumringah bersalaman dengan Jokowi.

Para anggota dewan terpilih dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 115/P Tahun 2024 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Masa Jabatan Tahun 2024-2029. 

Pengucapan sumpah/janji para anggota DPR/DPD/MPR terpilih dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin dan diikuti oleh seluruh para anggota terpilih. 

Sidang dimulai dengan Sidang Paripurna DPR yang dipimpin oleh pimpinan sementara DPR yaitu Guntur Sasono yang merupakan anggota DPR tertua dan Annisa Mahesa sebagai anggota DPR termuda. 

Sebanyak 579 anggota DPR dilantik berdasarkan Keputusan Presiden yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar. 

Usai pelantikan anggota DPR, sidang paripurna dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sidang paripurna DPD dibuka oleh pimpinan sementara DPD yakni Ismeth Abdullah sebagai anggota DPD tertua dan Larasati Moriska sebagai anggota DPD termuda. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalama dengan anggota DPR terpilih (Foto: Ist)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalama dengan anggota DPR terpilih (Foto: Ist)

Dalam sidang paripurna tersebut, sebanyak 152 anggota DPD terpilih dilantik berdasarkan keputusan yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal DPD, Rahman Hadi.

Selanjutnya, sidang paripurna kembali dibuka dengan agenda pengucapan sumpah/janji anggota MPR yang dipimpin oleh pimpinan sementara MPR yaitu Guntur Sasono dan Larasita Moriska sebagai anggota tertua dan termuda. Dalam kesempatan tersebut, Plt Sekretaris Jenderal MPR Siti Fauziah membacakan petikan keputusan Presiden Republik Indonesia. 

Acara pengucapan sumpah/janji anggota DPR/DPD/MPR RI diakhiri dengan penandatangan berita acara sumpah/janji jabatan masing-masing lembaga negara. Selain itu, masing-masing Ketua Lembaga periode 2019-2024 juga menyerahkan memori DPR/DPD/MPR RI kepada para pimpinan sementara. 

Turut hadir dalam sidang paripurna tersebut yakni Wakil Presiden Ke-6 RI Try Sutrisno, Wakil Presiden Ke-10 dan 12 Jusuf Kalla, dan Wakil Presiden Ke-11 Boediono. Selain itu, hadir pula Presiden Terpilih Prabowo Subianto, para menteri Kabinet Indonesia Maju dan duta besar negara sahabat.

Topik Menarik