Indonesia Dapat Tawaran Tuan Rumah Olimpiade 2036, 2 Kota Ini Jadi Opsi

Indonesia Dapat Tawaran Tuan Rumah Olimpiade 2036, 2 Kota Ini Jadi Opsi

Berita Utama | inews | Selasa, 1 Oktober 2024 - 19:30
share

BADUNG, iNews.id - Indonesia mendapat tawaran menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Ada dua kota yang jadi opsinya yakni Jakarta dan Bali.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo mengatakan tawaran tersebut datang saat perhelatan Olimpiade 2024 Paris. Saat itu Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu Presiden Komite Olimpiade Internasional atau IOC, Thomas Bach.

Hal itu diungkapkan olehnya disela-sela kegiatan seminar program olahraga global United Nation Office Of Counter-Terrorism (UNOCT) di Badung, Bali, Selasa (1/10). 

“Pak Presiden terpilih (Prabowo) ada pertemuan bilateral dengan Presiden IOC membahas kemungkinan kapan Indonesia bisa menjadi tuan rumah Olimpiade,” ujar Menpora Dito, dilansir situs Kemenpora, Selasa (1/10/2024).

Pria berusia 33 tahun itu menyampaikan, Presiden IOC, Thomas Bach, yang menawarkan langsung Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Menpora Dito menyebut kalau ada dua opsi lokasi penyelenggaraan, yakni di Jakarta dan Bali.

“Kemudian dari Presiden IOC menawarkan (Indonesia jadi tuan rumah Olimpiade) 2036. Diskusi waktu itu antara Jakarta dan Bali,” ujar Menpora Dito.

Mengenai peluang Jakarta dan Bali tersebut, Menpora Dito menilai perlu pembahasan atau kajian yang mendalam. Kendati begitu, dia sangat menyambut baik soal peluang Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar di dunia tersebut. 

“Sementara diskusinya bagaimana bisa meng-exercise antara Jakarta dan Bali. Tetapi tentunya ini adalah prosesnya harus dianalisa lebih dalam. Kami harus menganalisa keberlanjutannya dan efektivitasnya,” terang dia.

“Semangatnya adalah bagaimana ke depan Indonesia siap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade,” ucap Menpora Dito.

Indonesia belakangan ini memang sering dipercaya menjadi tuan rumah gelaran olahraga kelas dunia. Mulai dari Piala Dunia FIBA 2023, Piala Dunia U-17 2023, dan sudah tiga kali menggelar ajang MotoGP. Kemudian juga sempat ditunjuk menjadi tuan rumah F1 PowerBoat, WSBK, dan MXGP.

Topik Menarik