Hancur! Ini Penampakan Pangkalan Jet Tempur F-35 Israel setelah Dibombardir Iran

Hancur! Ini Penampakan Pangkalan Jet Tempur F-35 Israel setelah Dibombardir Iran

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 11:19
share

DOHA, iNews.id - Foto satelit menunjukkan pangkalan udara utama Israel hancur dibombardir rudal Iran pada Selasa (1/10/2024) malam. Pangkalan itu diketahui adalah Nevatim.

Dilaporkan Associated Press, mengutip foto satelit dari Planet Labs PBC, kerusakan tampak di beberapa hanggar pesawat. Lubang besar terlihat pada atap hanggar besar. Tak jelas apakah di dalamnya terdapat pesawat atau tidak.

Pecahan besar puing bekas serangan juga terlihat di sekitar bangunan hanggar.

Selain itu tampak pula jejak hitam pada area parkir pesawat yang sepertinya bekas api dari serangan. Namun di area parkir tersebut sudah tak terlihat pesawat.

Nevatim merupakan rumah bagi jet tempur tercanggih Angkatan Udara Israel, termasuk F-35 Lightning II buatan Amerika Serikat (AS). 

Media Iran sebelumnya melaporkan sedikitnya 20 jet tempur F-35 Israel hancur dalam serangan tersebut. Meski demikian Angkatan Udara Israel langsung membantahnya. Disebutkan tak ada pesawat maupun infrastruktur lain yang hancur. Serangan Iran juga disebut tak mengganggu atau memengaruhi operasi yang tengah berlangsung.

Meski demikian militer Israel belum merespons mengenai gambar satelit terbaru yang telah beredar luas.

Nevatim juga menjadi target serangan rudal dan drone Iran pada April lalu. Saat itu Iran menghujani Israel dengan 220 rudal dan drone sebagai pembalasan atas serangan terhadap kantor misi diplomatiknya di Damaskus, Suriah.

Sementara dalam serangan pada Selasa lalu, Iran dilaporkan meluncurkan 180 rudal balistik hipersonik ke beberapa target yakni dua pangkalan udara dan markas besar Mossad. Namun Departemen Pertahanan AS (Pentagon) serta pengamat menyebutkan ada 400 rudal yang ditembakkan Iran ke Israel.

Topik Menarik