Sejumlah WNI Pilih Tetap Bertahan di Lebanon, Ini Alasannya 

Sejumlah WNI Pilih Tetap Bertahan di Lebanon, Ini Alasannya 

Terkini | inews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 15:05
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan alasan para warga negara Indonesia (WNI) yang tetap memilih tetap bertahan di Lebanon di tengah eskalasi konflik dengan Israel. Retno pun mengatakan para WNI tersebut ada yang mempertimbangkan keluarga yang berada di Lebanon. 

Mereka lebih memilih untuk tetap tinggal di sana meskipun terjadi peningkatan eskalasi.

“Sebenarnya tidak menolak ya teman-teman jangan pakai kata menolak. Kita mengevakuasi ada beberapa yang dengan pertimbangan keluarga dan sebagainya mereka memilih untuk tetap tinggal di sana,” kata Retno usai menerima penghargaan MUI, di Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Sementara itu, Retno menyebut saat ini pihaknya telah mengevakuasi sekitar 25 WNI dari Lebanon akibat peningkatan eskalasi akibat gempuran serangan Israel.

“Perkembangan evakuasi di Lebanon, jadi kita sudah mengevakuasi sebagian dari warga negara kita. Tentunya pada saat evakuasi ini kita mengimbau yang ingin dievakuasi," ujarnya.

Retno pun mengatakan proses evakuasi sekitar 20 hingga 25 WNI dari Lebanon dilakukan melalui darat, bahkan saat ini melalui Damaskus dengan selamat. Kemudian, WNI yang telah dievakuasi akan diterbangkan ke Indonesia.  

“Jadi yang dievakuasi kali ini adalah melalui darat dan tadi pagi saya sudah mendapatkan laporan bahwa mereka sudah sampai melalui Suriah, melalui Damaskus dengan selamat untuk kemudian akan kembali ke Indonesia,” katanya.

Israel telah melancarkan gelombang serangan udara mematikan di Lebanon sejak Senin (23/9)  pagi, menewaskan hampir 570 orang dan melukai lebih dari 1.800 lainnya, menurut otoritas kesehatan Lebanon. 

Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam perang lintas batas sejak dimulainya perang Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 41.400 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak, menyusul serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober 2023. 

Topik Menarik