Kekayaan Kolektif 400 Orang Terkaya di AS Melesat Jadi Rp84,6 Kuadriliun 

Kekayaan Kolektif 400 Orang Terkaya di AS Melesat Jadi Rp84,6 Kuadriliun 

Berita Utama | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 06:40
share

NEW YORK, iNews.id - Tahun ini merupakan pemecahan rekor bagi 400 orang terkaya di Amerika Serikat (AS). Pasalnya, setelah menambahkan hampir 1 triliun dolar AS ke pundi-pundi harta mereka selama 12 bulan terakhir, Forbes 400 mencatat kekayaan kolektif para miliarder mencapai 5,4 triliun dolar AS atau setara Rp84,6 kuadriliun.

Melansir Forbes, hanya 25 orang yang saat ini memiliki kekayaan lebih dari 2,5 triliun dolar AS atau setara Rp39,1 kuadriliun. Angka ini hampir setengah dari total kekayaan bersih dalam daftar tersebut. 

Orang terkaya Amerika Serikat untuk tahun ketiga berturut-turut adalah Elon Musk, yang kekayaannya diperkirakan mencapai 244 miliar dolar AS atau setara Rp3.823 triliun. Meskipun kekayaannya turun 7 miliar dolar AS selama setahun terakhir di tengah merosotnya saham Tesla dan pertikaian atas paket opsi sahamnya, Musk tetap unggul sekitar 47 miliar dolar AS dari Pendiri Amazon, Jeff Bezos di posisi kedua.

Kekayaan Bezos diperkirakan mencapai 197 miliar dolar AS atau setara Rp3.086 triliun. Di urutan ketiga, Mark Zuckerberg diperkirakan memiliki harta 181 miliar dolar AS atau setara Rp2.836 triliun, naik dari posisi delapan pada tahun lalu berkat kenaikan besar saham Meta, perusahaan induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Sementara, Alice Walton melanjutkan kekuasaannya sebagai perempuan terkaya di AS untuk kesembilan kalinya dalam satu dekade. Dengan saham Walmart, yang didirikan oleh ayahnya Sam Walton melesat 41 persen dalam setahun terakhir, kekayaannya diperkirakan mencapai 89,2 miliar dolar AS atau setara Rp1.397 triliun.

Secara keseluruhan, kekayaan para perempuan dalam daftar Forbes 400 mencapai 839 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan tahun 2023 sebesar 621 miliar dolar AS. Diane Hendricks tetap menjadi perempuan terkaya di Negeri Paman Sam yang merintis usahanya sendiri. 

Meskipun membutuhkan lebih banyak uang dari sebelumnya untuk masuk dalam daftar, 23 miliarder berhasil masuk ke dalam jajaran daftar tersebut pada tahun ini. Para pendatang baru ini termasuk pendiri jaringan makanan cepat saji Raising Cane, Todd Graves (kekayaan 9,5 miliar dolar AS); pendiri dan pengelola Jersey Mike's Subs, Peter Cancro (5,6 miliar dolar AS).

Lalu, CEO perusahaan jaringan cloud Arista Networks, Jayshree Ullal (4,4 miliar dolar AS); pemilik OnlyFans Leonid Radvinsky (3,8 miliar dolar AS); dan salah satu pendiri dan CEO Palantir Alex Karp (3,6 miliar dolar AS). 

Sebelas orang lainnya yang sebelumnya tidak masuk dalam daftar kembali masuk pada tahun ini. Yang paling menonjol adalah Donald Trump (kekayaan 4,3 miliar dolar AS), yang telah membawa harga saham perusahaan induk Truth Social, Trump Media & Technology Group, kembali masuk dalam daftar. 

Sementara, anggota termuda dalam daftar Forbes 400 adalah pewaris Walmart Lukas Walton, yang berusia 38 tahun dan diperkirakan memiliki kekayaan senilai 33,9 miliar dolar AS. Adapun rata-rata anggota dalam daftar tahun 2024 berusia 70 tahun, di mana yang tertua adalah David Murdock dari Dole Food Company (kekayaan 3,7 miliar dolar AS), yang berusia 101 tahun.

Topik Menarik