Kemendag Ungkap Penyebab Harga Pangan Fluktuatif, gegara Apa?

Kemendag Ungkap Penyebab Harga Pangan Fluktuatif, gegara Apa?

Ekonomi | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 15:25
share

JAKARTA, iNews.id - Harga pangan terpantau fluktuatif dalam beberapa hari terakhir. Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Moga Simatupang hal ini disebabkan beberapa faktor.

Pada dasarnya, Moga menjelaskan saat ini produktivitas petani cukup tinggi. Alhasil, stok menjadi melimpah dan membuat harga beberapa komoditas pangan turun drastis di beberapa daerah.

"Kebetulan kan produktivitas kita terutama untuk bahan pangan kan bagus ya tahun ini. Sebelumnya kan kemarau agak panjang tahun lalu, sehingga inflasi menjadi tinggi," ujar Moga saat ditemui di Kantor Kemendag, Jakarta, Senin (7/10/2024).

"Sementara curah hujan di tahun ini cukup bagus di beberapa daerah. Sehingga produktivitas beberapa bahan pangan terjadi lebih tinggi," tutur dia.

Tak cuma itu, penyebab harga fluktuatif kedua menurut Moga adalah karena kurangnya komunikasi antarpara pedagang. Ia menilai minimnya monitoring terhadap stok dan permintaan antarpedagang telah membuat harga pangan fluktuatif.

"Kalau memang pasar yang di daerah A harganya sedang turun, kan bisa komunikasi mereka dengan pasar yang tidak memproduksi cabai. Nah, hal ini kan belum efektif," kata dia.

Untuk itu, ia mengajak para pedagang agar mau berkomunikasi agar harga pangan tidak fluktuatif.

"Kami mendorong teman-teman dari asosiasi pedagang pasar yang ada supaya betul-betul membangun sistem komunikasi sehingga tidak terjadi pasang surut atau depresiasi harga yang tinggi," ucap Moga.

Topik Menarik