Miris, Sidak KPK Temukan Handphone dan Miras di Rutan

Miris, Sidak KPK Temukan Handphone dan Miras di Rutan

Terkini | inews | Kamis, 10 Oktober 2024 - 19:00
share

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat menjadi sorotan akan adanya kasus pungutan liar (pungli) di rutan KPK. Bahkan ditemukan handphone dan minuman keras (miras) dalam sidak yang dilakukan secara mendadak.

Plt Kepala Rutan cabang KPK Togi Robson Sirait menjelaskan kalau handphone itu milik tahanan dari kasus pungli. 

"Jadi temuan handphone itu terjadi setelah karutan yang kemarin, kena sidaknya itu diganti. Ada sidak yang dilakukan mendadak oleh teman-teman juga," ucap Togi, Kamis (10/10/2024).

Dia mengatakan tim yang melakukan sidak saat itu menemukan empat handphone.

"Jadi itu handphonenya, handphone lama, masih sisa di situ belum dikeluarkan. Kurang lebih ada tiga atau empat buah," katanya.

Selain itu, tim juga menemukan miras yang coba diselundupkan oleh keluarga tahanan. Dia mencoba mengelabui petugas dengan cara menuangkan miras ke dalam botol kemasan.

"Kemudian masalah Miras itu kita dapatkan waktu pihak keluarga mengirimkan barang di situ. Jadi itu meja itu adalah meja tempat ngecek barang kiriman dari keluarga ke tahanan," katanya.

Usai kejadian itu, pihaknya langsung melakukan pengawasan ketat dan pengecekan barang-barang yang akan masuk ke rutan.

"Pengecekan-pengecekan barang itu dilakukan secara minimal ada dua kali pengecekan. Satu pengecekan fisik, satu pengecekan X-ray yang dilihat oleh teman-teman di situ. Itu sih upaya-upayanya," katanya.

Topik Menarik