Jokowi Pamer Istana Garuda IKN di Hadapan Para CEO: Dulu Panas, Sekarang Adem

Jokowi Pamer Istana Garuda IKN di Hadapan Para CEO: Dulu Panas, Sekarang Adem

Berita Utama | inews | Jum'at, 11 Oktober 2024 - 15:25
share

PENAJAM PASER, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim) di acara CEO Forum, Jumat (11/10/2024). Tahun lalu, acara ini diselenggarakan di tengah hutan eukaliptus, berbeda dengan tahun ini yang dilaksanakan di Istana Garuda. 

Berbeda dengan tahun ini dilaksanakan di Istana Garuda yang dulu panas dan saat ini sudah sejuk. 

“Sekarang kita berada di sini, di Istana Garuda dan ruangan ini, ini adalah ruangan untuk konferensi pers batu pertama kali digunakan ya kali ini. Kalau dulu panas, sekarang agak adem,” kata Jokowi mengawali sambutannya. 

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengatakan bahwa awal mula dia mencanangkan untuk membangun IKN banyak yang pesimistis. 

“Dulu banyak yang bertanya, apa iya bisa berjalan Ibu Kota Nusantara ini, IKN ini, apa iya bisa terbangun. Sekarang kita sudah berada di Istana Garuda,” kata Jokowi.

Jokowi pun mengajak para CEO yang hadir untuk berfoto-foto di titik terbaik di kawasan Istana Negara IKN. 

"Tapi karena saya ditinggal berarti tidak foto dengan saya. Tapi ndak apa-apa, disini ada tempat yang bagus dan tidak semua orang bisa masuk dan bisa berfoto nanti kuncinya saya buka kita foto bersama,” kelakarnya. 

Jokowi kembali menyampaikan waktu yang akan berbicara bahwa pembangunan IKN memerlukan proses tidak hanya satu tahun, bahkan bisa 20 tahun. 

“Artinya biar waktu yang bicara karena membangun sebuah Ibu Kota seperti Nusantara ini butuh waktu, tidak hanya setahun dua tahun, bisa 10 tahun, bisa 15 tahun, bisa juga 20 tahun untuk menjadi sebuah sistem besar Ibu Kota besar, negara besar Indonesia,” katanya.

Topik Menarik