Macron: Satu-satunya Cara Hentikan Perang di Gaza Setop Kirim Senjata ke Israel

Macron: Satu-satunya Cara Hentikan Perang di Gaza Setop Kirim Senjata ke Israel

Terkini | inews | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 07:47
share

PARIS, iNews.id - Presiden Prancis Emmanuel Macron menegaskan satu-satunya cara untuk menghentikan perang di Jalur Gaza adalah menyetop pengiriman senjata ke Israel. Ini merupakan pernyataan lanjutan dari Macron setelah mengeluarkan seruan kepada mitra-mitranya untuk menghentikan ekspor senjata ke Israel.

"Prancis telah menyerukan diakhirinya ekspor senjata yang digunakan di zona pertempuran ini. Para pemimpin lain telah melakukan hal yang sama. Kita semua tahu bahwa ini adalah satu-satunya cara yang dapat menghentikan (pertempuran) hari ini," kata Macron, dalam KTT MED9, negara-negara anggota Mediterania-Uni Eropa di Siprus, seperti diutip dari Sputnik, Sabtu (12/10/2024).

Namun Macron menjelaskan, apa yang disampaikannya bukan pelucutan senjata Israel sepenuhnya karena negara Yahudi itu masih menghadapi risiko keamanan.

Macron sebelumnya mengatakan penghentian ekspor senjata ke Gaza penting untuk menghindari ketegangan di Timur Tengah.

"Saya yakin, mulai hari ini, yang menjadi prioritas adalah kembali ke penyelesaian politik dan menghentikan pasokan senjata untuk melakukan kegiatan militer di Jalur Gaza. Selain itu, prioritas kami sekarang adalah menghindari eskalasi," kata Macron dalam wawancara dengan stasiun radio France Inter.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu marah seraya menyebut pernyataan Macron itu adalah aib. Dia juga yakin Israel bisa mengalahkan proksi-proksi Iran di kawasan tanpa bantuan negara-negara Barat.

Serangan Israel ke Gaza telah menewakan lebih dari 42.000 orang sejak 7 Oktober 2023, sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan.

Topik Menarik