KSAD Siap Tambah Personel Pengamanan jika Euforia Pelantikan Presiden Meningkat

KSAD Siap Tambah Personel Pengamanan jika Euforia Pelantikan Presiden Meningkat

Terkini | inews | Minggu, 13 Oktober 2024 - 17:53
share

JAKARTA, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak siap menambah jumlah personel pengamanan jika euforia pelantikan presiden meningkat. Adapun pelantikan presiden dilakukan pada 20 Oktober 2024 mendatang.

"Kalau butuh pengerahan karena mungkin euforia sekarang luar biasa berarti kita harus menambah personel untuk ketertiban," kata Maruli usai meninjau program Ciliwung Bening di Jakarta, Minggu (13/10/2024).

Dia menjelaskan, pengamanan pelantikan presiden pada 2019 lalu berjalan lancar. Saat itu, dirinya terlibat langsung dalam proses pengamanan.

Kendati demikian, Maruli telah menyiapkan sejumlah antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat pelantikan presiden.

"Ssaya kira nanti ada pekerjaan Paspampres-nya ada ring satu, ring duanya ada, ring tiganya ada," tandasnya.

Diketahui, pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024). Sedianya, acara itu akan digelar pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menggelar Operasi Zebra Jaya 2024. Operasi dilakukan pada 14-27 Oktober 2024.

Operasi ini dilakukan sekaligus demi menyukseskan pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024.

"Melalui Ops Zebra Jaya 2024, dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan Presiden/Wakil Presiden terpilih," kata Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali, Jumat (11/10/2024). 

Selain itu, operasi digelar untuk meningkatkan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas.

Topik Menarik