Ini 2 Kesalahan Fatal yang Bikin Timnas Indonesia Keok Lawan China

Ini 2 Kesalahan Fatal yang Bikin Timnas Indonesia Keok Lawan China

Olahraga | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 08:13
share

QINGDAO, iNews.id- Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan China 1-2 di lanjutan Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pasukan Shin Tae-yong kebobolan karena kesalahan sendiri.

Skuad Garuda kalah 1-2 dari China di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB. Padahal, Timnas Indonesia menguasai permainan sejak awal.

Dua gol yang bersarang ke gawang Maarten Paes murni karena kelengahan lini pertahanan. Gol pertama, kesalahan antisipasi Shayne Pattynama, yang mengira bola sudah meninggalkan lapangan. Tapi bola itu bisa dicuri oleh Jiang Shenglong yang mengirimkan umpan ke mulut gawang Maarten Paes dan langsung disambar oleh Behram Abduweli.

Sementara gol kedua, Jay Idzes dan Mees Hilgers gagal menerapkan jebakan offside sehingga Zhang Yuning. leluasa mendekat dan menjebol gawang Timnas Indonesia.

Ternyata, hal itu disadari oleh Shin Tae-yong. Dia menyebut dua gol China karena kesalahan pemain Timnas Indonesia yang dinilai tidak fokus.

"Dalam pertandingan ini, Tiongkok mencetak dua gol. Indonesia mengalami beberapa penurunan konsentrasi," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga, Selasa (15/10/2024).

"Gol pertama Tiongkok terjadi karena masalah kurang fokus, dan gol kedua terjadi karena Indonesia membuat beberapa kesalahan dalam penguasaan bola, kehilangan kendali. Ini adalah masalah yang harus kita renungkan," tutur Shin Tae-yong.

Meski kalah, Timnas Indonesia masih tertahan di posisi lima dalam klasemen Grup C dengan tiga poin. Torehan poin itu sama seperti China yang masih menjadi juru kunci.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangannya pada bulan November mendatang. Sesuai jadwal, Skuad Garuda akan memainkan dua laga kandang dengan menjamu Jepang pada 15 November 2024 dan Arab Saudi pada 19 November 2024.

Topik Menarik