Doa Agar Orang Takut dan Tunduk kepada Kita, Lengkap Teks Arab, Latin & Artinya

Doa Agar Orang Takut dan Tunduk kepada Kita, Lengkap Teks Arab, Latin & Artinya

Gaya Hidup | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 18:40
share

JAKARTA, iNews.id - Doa agar orang takut dan tunduk kepada kita bisa muslim amalkan ketika menghadapi orang dzalim atau yang berwatak keras. 

Dengan membaca doa tersebut diharapkan akan dilembutkan hatinya oleh Allah SWT. Hati manusia memang tidak ada yang bisa mengetahui isinya kecuali Allah.

Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat Al Hadid ayat 17.

اعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يُحْيِي الأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا قَدْ بَيَّنَّا لَكُمُ الآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Artinya: Ketahuilah olehmu bahwa sesungguhnya Allah menghidupkan bumi sesudah matinya. Sesungguhnya Kami menjelaskan kepadamu tanda-tanda kebesaran (Kami) supaya kamu memikirkannya. (Al-Hadid: 17).

Dalam tafsir Ibnu Katsir diterangkan dalam ayat ini terkandung makna yang menunjukkan bahwa Allah Swt dapat melunakkan hati yang tadinya keras dan dapat memberi petunjuk kepada orang-orang yang bingung dari kesesatannya, dan dapat melenyapkan semua musibah dari orang-orang yang terkena olehnya. 

Sebagaimana Dia dapat menghidupkan bumi sesudah matinya, yang kering dan tandus, dengan hujan yang deras. Maka demikian pula Dia dapat memberi petunjuk kepada hati-hati yang keras melalui bukti-bukti dan dalil-dalil Al-Qur'an; serta memasukkan ke dalamnya cahaya, padahal sebelumnya tertutup rapat tidak dapat ditembus. 

Rasulullah SAW pernah bersabda:

إِنَّ الْقُلُوبَ بَيْنَ إِصْبَعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ تَعَالَى يُقَلِّبُهَا

Artinya: Ya, sesungguhnya hati manusia itu berada di antara dua jari kekuasaan Allah Swt. Dia membolak-balikkannya. (HR Imam Ahmad).

Nah, berikut ini bacaan doa agar orang tunduk dan takut kepada kita yang bisa muslim amalkan.

Doa Agar Orang Takut dan Tunduk kepada Kita 

1. Doa Hasbunallah

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ اْلمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Latin: Ḥasbunnallāh wa ni’mal wakīl ni’mal maulā wa ni’man nashīr. 

Artinya: Cukuplah Allah menjadi penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik pelindung, dan sebaik-baik penolong kami.

Hasbunallah Wanikmal Wakil merupakan doa yang diucapkan Nabi Ibrahim alaihisalam ketika dilemparkan ke dalam api. 

Nabi Muhammad SAW pun mengucapkan doa itu ketika dikepung orang-orang kafir Quraisy.

3. Doa Ya Jabbar Ya Qohhar

Bacaan doa agar orang takut dan tunduk kepada kita selanjutnya yakni dengan membaca Ya Jabbar Ya Qohhar. 

الْجَبَّار 

Latin: Al Jabbar 
Artinya Yang Mahakuasa 

Dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan, menurut Qatadah, makna al-jabbar ialah Tuhan Yang menundukkan makhluk-Nya menurut apa yang dikehendaki-Nya. 

Ya Qahhar (القهار)

Al Qahhar atau Ya Qahhar artinya Maha Mengalahkan dan Menundukkan. 

Segala sesuatu kalah, tunduk, dan hina di hadapan-Nya serta patuh kepada-Nya.

Dzikir Al Jabbar ini sebagaimana dilansir dari Buku Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah-KTB dibaca sebanyak 226 kali. Disebutkan barang siapa yang membaca Asma Allah ini sebanyak 226 kali di setiap pagi dan sore hari, dia akan diselamatkan dari kezaliman penguasa dan orang – orang yang kejam, baik di darat maupun dilaut, di dalam perjalanan maupun di tempat kediaman.

3. Doa Meluluhkan Hati Seseorang dengan Menyebut Namanya

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ،
(sebut namanya.....)اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ فُلَاناً كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ
فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latin: Allahumma Antal 'Aziizul kabiir, wa ana 'abdukadh dho'iifudz dzaliil Alladzii laa haula walaa quwwata illa bika. Allahuma sakhkhir lii fulaan (sebut nama orang yg di maksud) kama sakhkhorta Fir'aun li Musa, wa layyin lii qolbahu kamaa layyantal hadiid li Dawud. Fainnahu laa yantiqu illa bi idznika, naa shiyatuhu fii qobdlotika, wa qolbuhuu fii yadika, Jalla tsanaa u wajhika yaa arhamar roohimiin .

Artinya: Ya Allah bahwasanya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Besar. Dan sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu yang hina lagi lemah. Ya Allah mudahkanlah bagiku urusanku, sebagaimana Engkau mudahkan bagi urusan Fir'aun kepada Musa dan lunak hati manusia bagiku sebagaimana Engkau lunakkan besi bagi Nabi Daud. Engkaulah adalah sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik penolong, wahai Tuhan Yang Maha Hidup, Wahai Tuhan Yang Maha Penguasa, Wahai Tuhan Yang Punya Keagungan dan Kemuliaan, perkenanlah ya Allah.

Itulah doa agar orang takut dan tunduk kepada kita yang bisa diamalkan muslim ketika menghadapi orang dzalim.

Wallahu A'lam

Topik Menarik