Ini Alasan Kevin Diks Mau Membela Timnas Indonesia dan Abaikan Belanda

Ini Alasan Kevin Diks Mau Membela Timnas Indonesia dan Abaikan Belanda

Olahraga | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:45
share

JAKARTA, iNews.id - Alasan Kevin Diks mau membela Timnas Indonesia dan abaikan Belanda menarik diulas. Bek FC Copenhagen itu tergiur dengan proyek yang dibangun Skuad Garuda.

Diks memiliki darah Belanda dari sang ayah. Mantan pemain Fiorentina itu juga lahir di Apeldoorn, Belanda.

Sementara itu dia punya darah Indonesia dari jalur ibu. Kakek dan neneknya dari jalur ibu berasal dari Maluku.

Diks mengaku sangat berharap bisa dipanggil ke skuad Timnas Belanda. Di saat yang bersamaan PSSI menawarinya untuk berseragam Timnas Indonesia.

Diks sempat galau menentukan pilihan. Namun pada akhirnya dia mantap memilih skuad Garuda karena melihat perkembangan Timnas Indonesia sekarang yang begitu pesat di era Shin Tae-yong.

Indonesia bahkan satu-satunya negara ASEAN yang mentas di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga.

"Itu (pilih Indonesia) adalah keputusan yang membuat saya bangga, dan sangat bahagia sekarang. Saya memiliki garis keturunan di Indonesia bersama kakek-nenek saya yang lahir di sana," kata Diks dikutip dari Ekstra Bladet, Kamis (17/10/2024).

"Saya dapat merasakannya ketika saya berada di sana. Saya bangga karena mewakili negara yang begitu besar dengan hampir 280 juta penduduk," ujarnya.

Diks sudah bersalaman dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Proses naturalisasinya kini sedang diproses.

Sayangnya proses naturalisasi bek berusia 28 tahun itu terhambat dengan adanya transisi pemerintahan Indonesia. Diks diprediksi baru bisa debut pada Maret 2025 mendatang saat melawan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga.

Topik Menarik