Shin Tae-yong Bicara Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026 usai Kalah dari China 

Shin Tae-yong Bicara Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026 usai Kalah dari China 

Olahraga | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 17:10
share

JAKARTA, iNews.id – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), membicarakan peluang Tim Garuda lolos ke Piala Dunia 2026 usai kalah dari China. 

Timnas Indonesia gagal memenuhi target enam poin dari dua laga tandang di markas Bahrain dan China pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 bulan ini. Tim Garuda hanya mampu membawa satu poin setelah imbang 2-2 kontra Bahrain, dan kalah 1-2 melawan China.

Alhasil, hasil tersebut membuat Tim Garuda mogok di peringkat kelima klasemen sementara Grup C dengan tiga poin, sama seperti China yang berada di urutan terbawah. Kans Indonesia mentas di Piala Dunia 2026 masih terbuka karena hanya berselisih dua angka saja dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain di peringkat kedua, ketiga dan keempat. 

Perjuangan Indonesia menuju Piala Dunia 2026 dipastikan tak akan mudah dalam enam laga sisa di putaran ketiga kualifikasi. Namun, STY tetap optimistis membawa skuadnya menjaga asa lolos ke turnamen elite tersebut. 

“Menurut saya sekarang ini sama saja. Pasti kami bisa masuk ke playoff. Saya yakin sekali,” tutur STY saat tiba di Jakarta, dikutip Kamis (17/10/2024).

Seperti apa yang selalu diucapkan olehnya, STY mengusung misi untuk membawa Timnas Indonesia finis di peringkat ketiga atau keempat Grup C. Karena dengan begitu, Skuad Garuda akan melanjutkan perjuangannya di babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Dan tujuannya sama dari dulu sampai sekarang,” katanya.

“Kami akan memposisikan Indonesia mungkin peringkat ketiga atau keempat agar kami bisa lanjut ke babak berikutnya sampai bisa lolos ke Piala Dunia,” Juru taktik berusia 54 tahun itu menjelaskan.

Di enam laga sisa, Indonesia masih mengantongi empat kali kesempatan main di kandang menjamu Jepang, Arab Saudi, Bahrain dan China. Sedangkan dua laga tandang, Tim Garuda bakal sowan ke Jepang dan Australia. 

Terdekat, Timnas Indonesia akan menjamu Jepang dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 15 dan 19 November 2024. 

Topik Menarik