Detik-Detik Terbunuhnya Yahya Sinwar, Sempat Lempar Tongkat ke Drone Israel meski Luka Parah

Detik-Detik Terbunuhnya Yahya Sinwar, Sempat Lempar Tongkat ke Drone Israel meski Luka Parah

Terkini | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 07:53
share

AMMAN, iNews.id - Militer Israel mengklaim telah membunuh pemimpin atau Kepala Biro Politik Hamas Yahya Sinwar di Gaza. Hamas sejauh ini belum memberikan konfirmasi apa pun mengenai terbunuhnya Sinwar.

Juru bicara militer Israel Daniel Hagari menjelaskan proses serangan yang menewaskan Sinwar di Tal Al Sultan, Rafah, Gaza Selatan.

Awalnya tentara Zionis mengidentifikasi tiga pejuang yang berlari dari rumah ke rumah untuk menghindari penyergapan.

Pasukan Israel, lanjut Hagari, lalu menembaki posisi mereka menggunakan tank Merkava saat berada di sebuah bangunan. Setelah tembakan itu, ketiganya terpisah.

Sinwar lalu berlari ke sebuah bangunan yang terus dikejar militer Israel dengan menggunakan drone.

Di situ Sinwar tampaknya tak bisa melanjutkan pelariannya karena menderita luka cukup parah, terutama di tangan. Namun dalam kondisi yang lemah tersebut, Sinwar masih berupaya melawan.

Sebuah video yang diposting di situs web militer Israel menunjukkan, seorang pria yang mengenakan syal, duduk sendirian di kursi di bangunan sebuah apartemen yang hancur. Dia menatap ke arah drone lalu melempar benda seperti tongkat ke arah drone.

Tak lama setelah itu Sinwar ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di antara reruntuhan bangunan. Dia mengenakan rompi anti-peluru serta membawa senjata api.

Saat itu militer Zinois belum yakin benar bahwa orang yang mereka bunuh adalah Sinwar. Jasad orang tersebut lalu dibawa ke Yerusalem untuk menjalani tes DNA. 

Menurut Hagari, sampel DNA sebagai pembanding tes didapat dari terowongan bawah tanah, tak jauh dari tempat penemuan enam sandera Israel yang tewas pada Agustus lalu.

Setelah beberapa jam, militer Israel mengonfirmasi hasil tes DNA identik dengan Sinwar.

Topik Menarik