TNI Kerahkan 100.000 Prajurit Kawal Pelantikan Presiden 20 Oktober

TNI Kerahkan 100.000 Prajurit Kawal Pelantikan Presiden 20 Oktober

Berita Utama | inews | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 11:55
share

JAKARTA, iNews.id - Sebanyak 100.000 prajurit TNI dari tiga matra diterjunkan untuk mengawal pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) pada 20 Oktober 2024. Pengamanan akan terbagi dalam tiga lapis.

"Kita melaksanakan apel kesiapan dalam rangka pelaksanaan pengamanan pelantikan presiden, jumlah personel dari TNI 100.000," ujar Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto usai  apel gelar pasukan pengamanan VVIP pelantikan presiden dan wapres di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2024).

Dia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polri untuk mengawal kelancaran acara pelantikan. Selain itu, TNI juga memantau potensi ancaman siber.

"Ya kita mitigasi terus sebelum, saat pelaksanaan dan setelah kegiatan acara terkait dengan ancaman tersebut, berkoordinasi dengan Polri dan satuan intelijen yang ada di wilayah, terutama khususnya di Jakarta," ucapnya.

Dia mengatakan, anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang berjaga di ring satu atau mengamankan tamu VVIP akan diperkuat dengan pasukan sniper. Sementara ring dua dan tiga akan diisi jajaran TNI dan Polri.

"Ring satu dari Paspampres lengkap dengan sniper dan antidrone dan ring dua, (ring) tiga pasukan TNI dan kepolisian," tuturnya.

Topik Menarik