Doa agar Dapat Arisan & Sholawat Penarik Rezeki, Arab, Latin Beserta Artinya

Doa agar Dapat Arisan & Sholawat Penarik Rezeki, Arab, Latin Beserta Artinya

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 07:30
share

JAKARTA, iNews.id - Doa agar dapat arisan bisa diamalkan saat akan dilakukan pengundian. Secara umum, mengadakan arisan boleh. Menurut para ulama, arisan dengan sistem undian dan giliran termasuk perkara yang mubah dan tidak dilarang.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiah Al-Qalyubi wa Umairah berikut:

الْجُمُعَةُ ‌الْمَشْهُورَةُ ‌بَيْنَ ‌النِّسَاءِ بِأَنْ تَأْخُذَ امْرَأَةٌ مِنْ كُلِّ وَاحِدَةٍ مِنْ جَمَاعَةٍ مِنْهُنَّ قَدْرًا مُعَيَّنًا فِي كُلِّ جُمُعَةٍ أَوْ شَهْرٍ وَتَدْفَعُهُ لِوَاحِدَةٍ بَعْدَ وَاحِدَةٍ، إلَى آخِرِهِنَّ جَائِزَةٌ كَمَا قَالَهُ الْوَلِيُّ الْعِرَاقِيُّ.

Arrtinya: Adapun perkumpulan yang populer di antara sekelompok perempuan dengan gambaran seorang perempuan mengambil kadar tertentu dari perempuan yang lain dalam setiap perkumpulan atau setiap bulan, lalu kemudian diberikan kepada yang lain secara bergantian, maka hukumnya boleh sebagaimana dikatakan oleh Imam Al-Iraqi.

Nah, bagi muslim/muslimah yang sedang menantikan giliran mendapat arisan ada baiknya mengamalkan doa berikut ini.

Doa agar Dapat Arisan

اَللّٰهُمَّ رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Latin: Allahumma rabbanaa anzil 'akainaa maaaidatan minas samaa i takuunu lanaa 'iidal liawwalinaa wa akhirinaa wa aayatn minka warzuqnaa wa anta khairur raaziqiin.

Arti: "Ya Rabb kami, turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rezkilah kami, dan Engkaulah Pemberi rezki Yang Paling Utama".

Membaca Sholawat Jibril

Selain membaca doa tersebut, muslim juga bisa membaca sholawat Jibril agar dapat rezeki arisan.

 صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد 

Latin: Shollallohu 'Ala Muhammad.

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad SAW.

Dinamakan Sholawat Jibril karena sholawat ini pertama kali diucapkan Malaikat Jibril saat membisiki Nabi Adam AS sebagai mahar untuk mempersunting Siti Hawa.

Dalam Kitab Afdholus Sholawat, sholawat Jibril ini memiliki banyak keutamaan di antaraya dibukakan 70 pintu rahmat dan dilancarkan rezekinya. 

Habib Umar bin Hafidz mengijazakan sholawat jibril dibaca 1.000 kali dan istighfar 100 kali tiap pagi dan sore, insyaallah akan dilancarkan rezekinya dan mendapat keberkahan.

Itulah ulasan doa agar dapat arisan yang bisa muslim amalkan. 

Wallahu A'lam

Topik Menarik