Ganjar dan Megawati Tak Hadiri Pelantikan Presiden Prabowo-Wapres Gibran 

Ganjar dan Megawati Tak Hadiri Pelantikan Presiden Prabowo-Wapres Gibran 

Terkini | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 11:28
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPP PDIP Ganjar Pranowo tidak hadir dalam pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10/2024). Dia merupakan Calon Presiden 2024 yang pernah berhadapan dengan Prabowo di Pilpres 2024.

Pantauan di ruang sidang paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, dalam kursi tamu undangan hanya terlihat Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai kontestan Pilpres 2024 lalu. Selain itu, terlihat hadir juga Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan mantan Wapres Try Sutrisno, Jusuf Kalla hingga Boediono.

Cawapres 2024 Mahfud MD dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri juga tidak hadir dalam pelantikan ini. 

Mahfud menjelaskan batal menghadiri pelantikan Presiden-Wapres 2024-2029 karena mendadak harus menengok sang ibu di Surabaya. Dia sudah memberitahu pimpinan MPR terkait hal tersebut.

"Pagi seharusnya saya siap-siap ke Gedung MPR untuk menghadiri Pelantikan Presiden. Tetapi tiba-tiba saya haruss menengok Ibu di Surabaya," kata Mahfud melalui akun X resminya @mohmahfudmd.

Sementara itu, Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan Megawati tidak bisa menghadiri pelantikan ini karena sedang tidak sehat. Pasalnya Megawati sempat melakukan perjalanan ke Uzbekistan untuk napak tilas perjalanan Bung Karno sekaligus ziarah ke Makam Imam Bukhari.

“Menyebabkan Ibu (Mega) kondisinya kurang fit dan flu maka Ibu memutuskan untuk beristirahat. Maka dengan sangat menyesal Ibu memberikan kabar kepada kami melalui Ketua Fraksi MPR PDIP Ahmad Basarah untuk beristirahat,” kata Muzani.

Topik Menarik