Respons Jokowi soal Susunan Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Respons Jokowi soal Susunan Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 00:08
share

SOLO, iNews.id - Presiden ke-7 RI, Joko Widodo (Jokowi) menanggapi susunan Kabinet Merah Putih 2024-2029 yang akan mendukung kinerja Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Dia meyakini tokoh-tokoh yang dipilih merupakan sosok terbaik.

"Saya meyakini yang dipilih Pak Prabowo adalah yang terbaik dari yang ada," kata Jokowi di Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024).

Dia menegaskan pemilihan menteri dan wakil menteri merupakan hak prerogatif dari Prabowo selaku presiden. Dirinya menilai nama-nama yang telah diumumkan sudah melewati pertimbangan matang.

"Semuanya 100 persen hak prerogatif presiden, semuanya saya kira sudah lewat pertimbangan yang matang. Siapa pun yang telah dipilih itu pasti melalui pertimbangan yang matang, melalui kalkulasi yang juga matang," tutur dia.

Disinggung apakah diajak diskusi oleh Prabowo mengenai pemilihan menteri, Jokowi kembali menegaskan hal tersebut adalah hak prerogatif presiden.

"(Diajak diskusi) Itu hak prerogatif presiden," ucapnya.

Jokowi juga mendukung rencana Prabowo yang akan membawa para menteri dan wakil menteri ke Akademi Militer (Akmil) di Magelang, Jawa Tengah. Dengan demikian, kata dia, para anggota kabinet bisa menyamakan visi dan misi.

"Itu kan bagus, (menteri dibawa ke Akmil), ada briefing, menyamakan visi, mengkonsolidasikan kabinet di awal itu saya kira baik, sangat baik," tutup dia. 

Topik Menarik