Komentar Mengejutkan Calvin Verdonk usai Jadi Kelinci Percobaan Shin Tae-yong

Komentar Mengejutkan Calvin Verdonk usai Jadi Kelinci Percobaan Shin Tae-yong

Olahraga | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 19:52
share

NIJMEGEN, iNews.id – Komentar mengejutkan Calvin Verdonk usai jadi kelinci percobaan Shin Tae-yong menarik diulas. Dia malah mengaku nyaman dengan posisi barunya.

Verdonk merupakan pemain yang berposisi asli sebagai bek sayap kiri. Dia mengisi pos tersebut selama kariernya, termasuk di klubnya saat ini, NEC Nijmegen, di Liga Belanda.

Namun, setelah membela Timnas Indonesia, Verdonk mendapatkan tugas yang berbeda, terutama dalam beberapa laga terakhir. Contohnya dalam dua pertandingan lanjutan Grup C babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, kontra Bahrain dan China.

Pemain berusia 27 tahun itu ditugaskan sebagai bek tengah kiri oleh Shin Tae-yong dalam skema formasi 5-2-3 yang diterapkannya. Dia bekerja sama dengan Jay Idzes dan Mees Hilgers atau Rizky Ridho.

Verdonk pun mengungkapkan dirinya senang dengan sistem formasi lima bek yang diterapkan pelatih asal Korea Selatan itu di Timnas Indoensia. Sebab, sebagai bek tengah kiri, dia bisa lebih banyak menguasai bola dan terlibat dalam permainan.

“Saya suka sistem itu (5 bek). Anda tidak memiliki banyak duel dengan striker tinggi, banyak waktu menguasai bola, build-up yang bagus, dan Anda memiliki permainan di depan Anda,” kata Verdonk dilansir Forza NEC, Minggu (20/10/2024).

“Tapi saya juga lebih suka bermain di tengah dengan empat bek, karena Anda lebih terlibat dalam permainan dibandingkan sebagai bek kiri. Juga lebih mudah untuk bermain secara terpusat dalam duel,” tambahnya.

“Sebagai pemain belakang, Anda sering kali menghadapi pemain yang cepat dan lincah melawan Anda. Terkadang orang kidal yang lebih suka masuk ke dalam. Ini berarti Anda harus memutar dan memutar lebih banyak. Saya tidak mengatakan saya lebih suka bermain di posisi tengah, tapi ini lebih menyenangkan,” pungkasnya.

Verdonk pun sejauh ini mampu melaksanakan tugasnya dengan baik di posisi bek tengah kiri. Dia solid dalam bertahan dan juga mampu mengalirkan bola dengan baik ke lini depan maupun mengalihkan serangan ke sisi sayap kanan dengan umpan lambungnya.

Namun sayang, dalam dua laga terakhir tersebut, Tim Merah-Putih ditahan imbang 2-2 secara dramatis oleh Bahrain dan juga tumbang 1-2 dari China.

Topik Menarik