Bukan Hanya Teknologi, Ini Faktor yang Pengaruhi Kualitas Audio Visual di Ruangan

Bukan Hanya Teknologi, Ini Faktor yang Pengaruhi Kualitas Audio Visual di Ruangan

Terkini | inews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 20:23
share

JAKARTA, iNews.id.- Integrasi audio visual merujuk pada penggabungan suara dan gambar untuk membentuk narasi yang harmonis. Di era digital saat ini, keterhubungan antara desain visual dan elemen audio semakin penting. 

Menggunakan elemen audio yang tepat dapat memperkuat pesan visual dan sebaliknya, menciptakan pengalaman lebih lengkap dan menggugah emosi. Dalam konteks desain ruang, arsitek memiliki peran penting dalam memastikan elemen audio-visual terintegrasi dengan baik. 

"Ketika merancang sebuah ruang, penting untuk mempertimbangkan bagaimana suara berinteraksi dengan elemen visual. Dengan perencanaan yang tepat, kita dapat menciptakan atmosfer yang mendukung pengalaman audio-visual imersif, baik itu dalam ruang home cinema maupun ruang entertainment lainnya” ujar Ren Katili, Principal of Studio ArsitektropiS dalam keterangan pers dilansir Minggu (20/10/2024).

Selain elemen ruang, tata letak, pengendalian cahaya, audio, dan material, proyektor mengambil peranan sangat penting untuk mendukung integrasi teknologi yang dapat menciptakan the ultimate immersive home cinema room yang diimpikan para pengguna.

“Arsitek, Interior desainer, kontraktor, dan profesional audio harus berbagi ruang diskusi dan bekerja sama, menunjukkan bagaimana kerja tim lintas disiplin dapat menghasilkan Home Cinema room yang luar biasa,” kata Business Development Manager of BenQ Indonesia, Erlina di Indonesia Design Week 2024

Dia menuturkan dalam menunjang kebutuhan audio visual home cinema room, BenQ sebenarnya telah mengembangkan berbagai teknologi. Terbaru dibenamkan pada W5800 4K home cinema projector. 

Mereka mengembangkan fitur dengan ruang warna super lebar CinematicColor 100 DCI-P3 dan 100 Rec.709 sesuai apa yang diimpikan sutradara. Proyektor 4K sejati ini mampu menghasilkan 8,3 juta pixel. 

Mereproduksi gambar sesuai keinginan sang seniman. Ditambah dengan dynamic black technology yang membuat kontras gelap dan terang jadi lebih hidup. 

Fitur pada BenQ W5800 dibuat memudahkan pengguna terhubung ke semua jenis hiburan dengan port universal termasuk dual HDMI 2.0b (HDCP 2.2), dua USB Tipe A, SPDIF, dan eARC yang memungkinkan saluran 7.1 dan audio Dolby Atmos, mentransmisikan audio dengan resolusi asli penuh tanpa adanya perubahan ke sistem suara melalui satu kabel HDMI.

Sumber cahaya W5800 memiliki masa pakai hingga 20.000 jam dalam mode daya Normal dan 25.000 jam masa pakai laser dalam mode ECO. 

Erlina menyebutkan sebagai catatan dari sudut pandang audio, integrasi audio-visual bukan hanya tentang menciptakan suara yang bagus, tetapi juga tentang bagaimana suara dan gambar bekerja sama menciptakan pengalaman menyeluruh. 

"Dalam kolaborasi dengan elemen visual, kami percaya bahwa suara yang baik akan membawa nuansa yang lebih kuat, menciptakan atmosfer yang dapat menyentuh emosi dan memikat penonton," katanya.

Topik Menarik