Perbandingan Kucing Istana Bobby Kertanegara dengan Larry Penghuni Kantor PM Inggis Downing Street

Perbandingan Kucing Istana Bobby Kertanegara dengan Larry Penghuni Kantor PM Inggis Downing Street

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 06:03
share

JAKARTA, iNews.id - Istana Negara punya penghuni baru yakni Bobby Kertanegara. Dia adalah kucing milik Prabowo Subianto yang dibawa dari kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, ke Istana Negara, setelah dilantik sebagai presiden ke-8 RI pada Minggu (20/10/2024).

Memboyong atau memelihara hewan di istana atau presiden/perdana menteri lazim dilakukan para kepala negara dan pemerintahan di seluruh dunia.

Presiden AS Joe Biden sejak awal menjabat di Gedung Putih memboyong tiga anjing gembala Jerman, yakni Champ, Mayor, dan Commander. Namun Champ lebih dulu mati, sementara Mayor dan Commander dikeluarkan dari Gedung Putih setelah bertindak ageresif menyerang petugas Dinas Rahasia.

Kantor Perdana Menteri Inggris Downing Street 10 juga memelihara kucing yang diberi nama Larry. Uniknya, Larry merupakan penghuni tetap Downing Street 10, menemani beberapa perdana menteri Inggis bekerja. 

Kucing bisa menghadirkan suasana riang di tempatnya berada karena kelakuannya yang lucu dan menggemaskan. Itulah sebabnya, kucing dipelihara, bukan hanya di rumah melainkan juga lingkungan pekerjaan.

Bukan saja berasal dari ras tertentu yang mahal, kucing yang dipelihara di ring 1 bahkan berasal dari jalanan yang diadopsi.

Perbandingan Bobby Kertanegara si kucing Istana Negara dengan Larry The Cat penunggu Downing Street 10.

1. Bobby Kertanegara

Berdasarkan posting-an di Instagram Ketua Kadin Anindya Bakrie, Bobby menjadi penghuni baru Istana Negara. Kucing ini beberapa kali menjadi viral setelah diunggah Prabowo di media sosial. Prabowo dikenal menyukai kucing. 

Bahkan Bobby memiliki akun media sosial Instagram sendiri, @bobbykertanegara, yang selalu ramai dengan komentar netizen. Bahkan followernya sudah menembus 500.000 hingga Minggu (20/10/2024) malam.

Bobby merupakan kucing liar yang diadopsi oleh Prabowo dari jalanan. Dia dibawa ke rumah Kertanegara untuk diberikan perawatan khusus. Nama Kertanegara ditambahkan pada kucing dengan bulu putih-hitam itu merujuk pada alamat tempat tinggal Prabowo sejak menjabat menteri pertahanan.

Salah satu yang menaikkan pamor Bobby adalah saat masa kampanye di mana kucing itu diberi tambahan gemoy yang menjadi ciri khas Prabowo. Ini karena Bobby bertubuh gemuk yang membuatnya semakin menggemaskan.

Begitu pasangan Prabowo-Gibran menang pilpres berdasarkan hasil hitung cepat pada Februari lalu, banyak netizen yang memprediksi Booby akan diboyong ke istana. Omongan netizen terbukti dengan unggahan di Instagram.

Bobby tampak sedang berada di stroller di Istana Merdeka. Dalam satu posting-an, Prabowo menghampiri dan mengelus-elusnya.

Tak diketahui berapa usia Bobby saat ini karena dia diadopsi dari jalanan.

2. Larry The Cat

Seperti Bobby, Larry juga merupakan kucing hasil adopsi kantor perdana menteri Inggris. Bedanya, Larry dibawa dari rumah singgah hewan yang berada tak jauh dari Downing Street di London. Larry diadopsi dari Rumah Anjing & Kucing Battersea.

Hal lain yang membedakan, Larry bisa dibilang penghuni tetap Downing Street 10. Dia sudah tinggal bersama enam perdana menteri, terakhir bersama Keir Starmer, yang dilantik pada Juli lalu. 

Gejolak politik membuat Larry, kucing berbulu putih-hitam, itu tinggal dengan banyak perdana menteri sejak 13 tahun terakhir.

Kucing jantan itu bukan hewab biasa. Dia menyandang gelar resmi sebagai Kepala Penangkap Tikus Kantor Perdana Menteri. Jabatan itu dipegang Larry sejak 15 Februari 2011. 

Lima perdana menteri sebelumnya yang pernah bekerja sama dengan Larry adalah David Cameron (hingga 2016), Theresa May (2016-2019), Boris Johnson (2019-2022), Liz Truss (2022), dan Rishi Sunak (2022-2024).

Larry juga memiliki akun Instagram di @larrythecatforpm. Namun jumlah followernya masih jauh di bawah Bobby yakni 17.300 hingga 20 Oktober malam. 

Namun kali ini Larry tak sendiri di masa pemeritahan Starmer. Ini karena Starmer juga memiliki kucing peliharaan sendiri dan diboyong ke kediaman dinasnya di Downing Street.

Teman baru serumahnya bernama JoJo.

Topik Menarik