Gagah! Potret 8 Jet Tempur Canggih TNI AU Kawal Pesawat Jokowi ke Solo

Gagah! Potret 8 Jet Tempur Canggih TNI AU Kawal Pesawat Jokowi ke Solo

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 11:55
share

JAKARTA, iNews.id - Usai upacara serah terima jabatan presiden, Joko Widodo (Jokowi) bersama istrinya Iriana langsung pulang ke kampung halaman di Solo. Jokowi dan Iriana menaiki pesawat Boeing 737 dengan nomor registrasi A-7309 dari Skadron Udara 17 TNI AU.

Jokowi berangkat dari Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Minggu 20 Oktober 2024.

Pesawat yang ditumpangi Jokowi dan Iriana mendapat pengawalan dari delapan jet tempur milik TNI AU seperti F-16 hingga Sukhoi.

"Dalam pengawalan tersebut, TNI AU mengerahkan empat pesawat F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14, tiga pesawat T-50i Golden Eagle dari Skadron Udara 15, serta satu pesawat Sukhoi SU-30 MK2 dari Skadron Udara 11," tulis keterangan TNI AU, Senin (21/10/2024).

Dalam penerbangan ini, Flight Leader pesawat tempur TNI AU, Letkol Pnb Bambang Aulia “Sphinx” Yudhistira memberikan penghormatan khusus dari kokpit. Letkol Bambang juga menyampaikan pesan.

"Selamat sore yang terhormat Bapak Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo. Izinkan kami berbicara dari kokpit pesawat tempur yang mengawal pesawat Bapak dan Ibu dari sebelah kanan dan kiri. Kami adalah flight pesawat tempur TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 3, Skadron Udara 11, Skadron Udara 14, dan juga Skadron Udara 15,” katanya.

Jokowi pun memberikan apresiasi dan membalas penghormatan yang disampaikan Flight Leader pesawat tempur.

"Saya Joko Widodo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan pengabdian saudara-saudara semuanya. Saya yakin kedaulatan udara, kedaulatan negara kita akan selalu terjaga atas pengabdian dan perjuangan saudara-saudara. Sekali lagi terima kasih," katanya.

Topik Menarik